Nias Barat, PRESTASIREFORMASI.Com – (2/7/2023), Pemerintah Kabupaten Nias Barat tampil memukau dan berhasil menyita perhatian para pengunjung pada Malam Pagelaran Seni Budaya Nias Barat yang dilaksanakan di Panggung Budaya Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Medan, Sabtu (1/7/2023) malam.

Malam Pagelaran Seni Budaya Kabupaten Nias Barat di Panggung Budaya PRSU yang dihadiri oleh ribuan pengunjung termasuk para tokoh dan masyarakat Nias Barat yang berdomisili di Medan dan sekitarnya, Nias Barat menampilkan cerita terbaik sesuai tema PRSU ke-49 Tahun 2023, yaitu “Berikan Cerita Terbaikmu” melalui Tarian Bumi Aekhula di antaranya Tari Faritia Halu, Tari Moyo, Tari Baluse dan Tari Folaya Saembu.

Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, melalui sambutannya mengatakan bahwa penampilan tari-tarian tersebut bukan sekedar penampilan gerakan namun juga menyampaikan pesan, makna dan kisah yang melatar belakangi di setiap tarian.

“Tarian Bumi Aekhula tidak hanya menjadi perwujudan estetika semata, tetapi juga mengandung nilai-nilai sosial yang mendalam. Tarian Bumi Aekhula mengajarkan kita tentang kerjasama, kebersamaan, keseimbangan alam, perayaan dan sukacita”, ungkapnya.

Ia berharap, pagelaran seni dan budaya daerah Nias Barat di PRSU dapat menjadi ajang promosi potensi pariwisata, seni dan budaya, sekaligus menjadi ajang pelestarian seni budaya khas Nias Barat, sehingga ke depan generasi muda tidak melupakan seni dan budaya dari daerah asalnya.

Bupati Khenoki Waruwu juga mengajak warga Nias Barat dan warga Sumatera Utara untuk berkunjung ke paviliun Kabupaten Nias Barat di komplek PRSU, melihat produk-produk UMKM berupa kerajinan tangan dan kuliner hingga pemasaran potensi daerah, pariwisata, kebudayaan, pertanian, perikanan, kelautan, peluang investasi dan sektor penting lainnya.

Pada akhir sambutannya, Bupati Nias Barat mengajak warga Nias Barat yang telah sukses di perantauan untuk berinvestasi di Nias Barat untuk mempercepat pembangunan dan kemajuan daerah Nias Barat.

“Saya berharap kepada warga Nias Barat yang telah sukses di perantauan dimanapun berada, khususnya di Kota Medan ini, untuk bersama-sama memikirkan kemajuan daerah. Kembali ke Nias Barat untuk berinvestasi dan berkolaborasi dengan pemerintah dan seluruh warga masyarakat untuk memajukan daerah kabupaten Nias Barat yang kita cintai bersama”, ajak Bupati Khenoki Waruwu.

Berdasarkan pantauan Tim Media Center Kabupaten Nias Barat, masyarakat cukup antusias mengikuti rangkaian acara pagelaran seni dan budaya Nias Barat. Ribuan masyarakat dari berbagai daerah memenuhi panggung budaya PRSU bahkan mereka terlihat tidak ada yang beranjak menyaksikan Tarian Bumi Aekhula yang ditampilkan Sanggar Aekhula Kabupaten Nias Barat.

Malam Pagelaran Seni dan Budaya Nias Barat dihadiri Bupati Nias Barat, Wakil Bupati Nias Barat, Sesditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Plt. Direktur Utama Bank Sumut, Anggota DPRD Nias Barat, Sekda Nias Barat, para Asisten, Kepala OPD, Ketua TP PKK dan Ketua DWP Kabupaten Nias Barat, para tokoh dan warga Nias Barat yang berdomisili di Medan serta ribuan penonton yang datang dari berbagai daerah.