Dairi,PRi.Com – Pemerintah Kabupaten Dairi berkomitmen penuh untuk meningkatkan pelayanan Cepat Tepat Selamat (CTS) 119, sehingga berbagai pelayanan menyentuh seluruh masyarakat.

“Dengan peningkatan CTS 119 ini seluruh pelayanan baik itu pelayanan administrasi, pertanian, pendidikan maupun pelayanan kesehatan khususnya di tingkat Kecamatan sebagai ujung tombak Pemerintah Kabupaten Dairidspat diwujudkan,” ungkap Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Hal itu disampaikan saat memimpin Rapat Koordinasi bersama dengan Camat, Dinas Kesehatan dan jajarannya serta para Kepala Puskesmas se-Kabupaten Dairi, Senin (27/1/2020) di Ruang Rapat Bupati Dairi.

Turut hadiri dalam rapat tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Drs. Leonardus Sihotang, Plt Kepala Dinas Kesehatan dan Kabag Pemerintahan.

Bupati Dairi dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa hal penegasan terkait dengan peningkatan pelayanan di Kecamatan karena pelayanan di tingkat Kecamatan akan menjadi cerminan Pemerintah Kabupaten Dairi.

Salah satu pelayanan penting menurut Eddy, adalah sektor kesehatan yang perlu diperhatikan serta perlu ditingkatkan oleh Dinas Kesehatan serta Puskesmas dan Kecamatan.

Dalam rapat tersebut, Bupati juga menanyakan terkait dengan kendala yang dihadapi para Kepala Puskesmas dalam melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Eddy sampaikan beberapa penegasan , di antaranya melakukan perubahan mendasar untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidikalang.

Selanjutnya menyusun dan mempublikasikan SOP pelayanan kesehatan di Puskesmas, pelayanan rujukan dan pelayanan kesehatan terkait PSC 119.

Bupati Dairi juga ingin menetapkan beberapa Puskesmas menjadi Puskesmas Unggul, yakni Kecamatan yang kematian Ibu dan Bayi tinggi menjadi prioritas disiapkan kebutuhan untuk Obgin.

Kecamatan dengan daerah yang rawan dan sering terjadi kecelakaan harus disiapkan menjadi Puksesmas yang dapat menangani pertolongan kepada korban kecelakaan serta Puksesmas Unggul untuk pariwisata.

Selain itu, Puskesmas Unggul untuk pertambangan dalam hal ini PT. Dairi Prima Mineral (DPM) mengantisipasi agar dapat menangani korban akibat kecelakaan kerja.

“Ssiapkan program Cepat Tepat Selamat (CTS) 119 menjadi naik tingkat termasuk untuk dapat melakukan sambungan (hot line) dengan kepolisian dan pemadam kebakaran, sehingga. pelayanan di sektor kesehatan akan semakin meningkat dan masyarakat Kabupaten Dairi dapat merasakannya,” pungkas Dr. Eddy Keleng Ate Berutu. (Nur/infm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *