Dairi, PRi.Com – Kabupaten Dairi mendapat bantuan hibah berupa pemasangan penerangan jalan umum (PJU)–menggunakan PV — Tahap I Sumatera Utara 1 dengan jumlah titik pemasangan sebanyak 70 unit dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI.

Bantuan hibah tersebut diberikan Kementrian ESDM atas usul Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu kepada Menteri ESDM Arifin Tasrif yang ditindaklanjuti Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi – Kementrian ESDM RI.

Pemasangan penerangan lampu pada jalan umum menggunakan PV dengan Tenaga Surya dengan rincian Kecamatan Silalahi Sabungan sebanyak 35 unit, Kecamatan Sitinjo sebanyak 17 unit, Kecamatan Sidikalang sebanyak 12 unit dan Kecamatan Siempat Nempu sebanyak 6 unit.

Selain sektor ekonomi, program ini juga untuk mendukung sektor pariwisata. Bantuan hibah tersebut juga sejalan dengan Nawacita Presiden RI Joko Widodo, yaitu “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa”.

Khususnya di Kabupaten Dairi masih banyak desa-desa yang belum dapat dijangkau dengan jaringan listrik PLN, sehingga menghambat aktivitas masyarakat yang mengakibatkan produktivitas ekonomi masyarakat rendah, masyarakat kelas nomor 2, gerakan sosial, kesulitan belajar sore dan malam hari,

Bupati Dairi dalam kesempatan tersebut sangat menyambut baik pemberiaan bantuan tersebut karena nantinya diharapkan akan dapat meningkatkan perekonomian rakyat.

“Jika akses jalannya sudah terang, perekonomian masyarakat juga pasti akan semakin kencang,” ujar Dr. Eddy Keleng Ate Berutu di Sidikalang, Selasa (28/1/2020) .

Bupati Dairi juga berpesan kepada masyarakat Dairi khususnya daerah yang mendapatkan bantuan hibah tersebut agar menjaga dan merawat dengan baik alat penerangan tersebut dan alat penerangan jalan tersebut nantinya akan dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Dairi.

Dia juga berharap dengan adanya alat tersebut, daerah-daerah yang selama ini belum dijangkau oleh aliran listrik sudah dapat terbantu dan listrik sudah dapat masuk ke daerah-daerah tersebut.       

Untuk Kabupaten Dairi sendiri, saat ini masih sedang berlangsung kegiatan pemasangan, salah satunya pemasangan dilakukan di Perumahan Rorinata Kecamatan Sitinjo. (Nur/ifcm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *