Samosir, PRi.Com – Pemerintah kabupaten Samosir menggelar acara pengambilan sumpah jabatan untuk masa priode pimpinan tahun 2020- 2026.

Janji sumpah itu disampaikan 95 orang kepala desa terpilih dari 9 kecamatan di kabupten Samosir pada pesta demokrasi 31 oktober 2019 lalu.

Pengambilan sumpah dilaksanakan di wisma Ae Manihuruk kecamatan Pangururan, dihadiri Bupati dan wakil, kapolres Samosir, Kejari Samosir, Sekdakab, pimpinan OPD, camat serta para keluarga kepala desa terpilih, Selasa (07/01). 

Bupati samosir Rapidin simbolon menyampaikan selamat kepada seluruh kepala desa yang baru dilantik dan tugas pertama kepala desa segera merangkul dan menyatukan kembali seluruh golongan masyarakat desa dengan arif dan baik.

Kepala desa tidak hanya milik golongan tetapi milik seluruh warga desa yang sudah diberi tugas oleh perintah UU RI yang berkewajiban melayani seluruh masyarakat desa untuk itu harus selalu melaksanakan amanah UU. 

Menutut bupati, kepala desa sebagai ujung tombak pemerintahan di desa harus mengamalkan sumpah dan janji yang telah disampaikan saat pelantikan harus implementasikan dengan kinerja.

“Proaktif menggerakkan kebersamaan dalam melaksanakan pembangunan desa yang mematuhi segala ketentuan peraturan perundang-undangan serta tertip hukum. Menyusun dan menselaraskan program dan kegiatan pada RPJMDes, RKPDes dengan RPJMD kabupaten samosir untuk mengwujudkan danau toba sebagai kawasan strategi parawisata nasional,” ujarnya. 

Ia menambahkan, kecerdasan memanfaatkan pengelolaan ADD, DD serta sumber pendapatan asli desa lainnya dan tanggap memberi perhatian terhadap setiap permasalahan desa.

“Ajak seluruh perangkat dan pengurus lembaga kemasyarakatan desa untuk membuat perencanaan kegiatan pembangunan yang berorientasi pada kebutuhan utama masyarakat desa, ” katanya.

Asisten I sekda kabupaten Samosir Mangihut Sinaga menyampaikan kepada wartawan, ada sebanyak 96 orang yang terpilih pada pemilihan kepala desa pada tgl 31 oktober tahun lalu, namun karena satu orang di antara mereka masa jabatannya berakhir pada bulan Februari tahun 2020 nanti, maka yang dilantik sekarang sebanyak 95 orang dan untuk satu orang menunggu habis masa jabatan pada bulan Februari nanti. 

Pemantauan wartawan pada acara pelantikan Kepala desa terpilih Sinaga Uruk Pandiangan Simson Sinaga, dipercayakan sebagai utusan menjadi saksi menandatangani naskah pelantikan untuk 10 orang kepala desa terpilih untuk kecamatan Nainggolan gelombang ke II pada hari selasa (07/01). (Hs/js)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *