Asahan, PRi.Com – Kabupaten Asahan terpilih sebagai penerima penghargaan dalam katagori gemarikan dan pelaksanaan terbaik forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasiaonal) pada acara puncak indonesian Seafood Expo, Sabtu (14/12/2019) di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta .

Melalui program NKRI jilid 1 dan jilid 2 pemerintah kabupaten Asahan menggagas dan menuangkan konsep kebijakan sektor kelautan dan perikanan berbasis pada pengelolaan ekonomi perikanan dari hulu hingga hilir.

Saat ini tak hanya sektor perikanan tangkap yang terus dipacu peningkatannya, namun hingga ke produk hasil olahan perikanan melalui program Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Konsep ini merupakan fokus pengelolaan sektor Kelautan dan perikanan yang dimulai dari penguatan dan pemenuhan sarana dan prasarana kebutuhan pelaku usaha perikanan sampai pemenuhan kebutuhan pemasaran hasil perikanan.

“Program Gemarikan yang dinakhodai ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kabupaten Asahan Hj. Titiek Sugiharti Surya telah berhasil mendorong lahirnya banyak menu olahan masakan ikan yang variatif dan beragam melalui lomba masak serba ikan, yang rutin dilaksanakan setiap tahun di Kabupaten Asahan, ” ucap Titiek.

Penghargaan kategori gemarikan diterima Kadis Perikanan dan Kelautan Kab. Asahan Ir. Hazairin, MM mewakili Bupati Asahan, sedangkan untuk kategori pelaksana terbaik Forikan diterima Ketua TP. PKK Kab. Asahan yang juga merupakan ketua Forikan Kab. Asahan diwakili Ketua Pokja 3 PKK Kab. Asahan Nur Aslamiyah, SPd yang langsung diserahkan Menteri Perikanan dan Kelautan Edhy Prabowo.

Kadis Perikanan dan Kelautan Ir. Hazairin, MM menyebutkan pentingnya mengkonsumsi ikan bagi masyarakat di kabupaten asahan, “Sebab, ikan merupakan salah satu sumber protein yang berguna bagi kecerdasan, terutama anak-anak di usia pertumbuhan, ” ujar Zairin .

Kemudian pihaknya melalui lembaga Forikan yang di Nakhodai Hj. Titiek Sugiharti Surya akan terus berupaya untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan di tengah-tengah masyarakat.

“Di setiap momentum maupun kesempatan akan kita promosikan terus menerus gemar makan ikan ini kepada para orang tua, kepada anak-anak kita dan saudara-saudara kita agar ke depan bangsa kita menjadi bangsa yang kuat dan cerdas secara intelektual Khususnya di Kabupaten  Asahan, ” pungkasnya. (Bagus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *