Pantai Cermin. PRESTASIREFORMASI.Com

Zuhari pimpinan umum media Sinarsergai.com – Media online sinarsergai.com melaksanakan pelatihan jurnalistik, di Theme Park Pantai Cermin, Sergai, Minggu (3/3/2024), untuk meningkatkan kinerja dan wawasan wartawan. Pelatihan ini mengambil tema “Membangun daerah lebih maju bersama wartawan berkualitas.”

Pemimpin umum sinarsergai.com, Zuhari, dalam sambutannya menyampaikan, diselenggarakan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas wartawan dalam mencari berita dan membuat berita yang aktual tanpa hoax.

“Saya sebagai Pemimpin Perusahaan/Umum media online sinarsergai.com merasa bertanggung jawab untuk meningkatkan kualitas wartawan yang ada di media ini. Kesempatan bagi kita, dari seluruh media online yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai, baru media inilah yang membuat pelatihan jurnalis, tegas nya.

Sebab nantinya ke depan, saya sangat mengharapkan wartawan sinarsergai.com bertambah ilmu pengetahuan dan benar-benar memahami dalam menjalankan tugas jurnalistik.

Turut diundang sebagai narasumber oleh Ketua SMSI Sumut Erris Julieta Napitupulu dan Pemimpin Redaksi sinarsergai.com, Ariadi, Penguji dan Penasehat SMSI Sumut, Austin Tumengkol, Agus Sinambela dan hadir Bupati Sergai Darma Wijaya diwakili Kadis Kominfo Sergai Ingan Malem Tarigan,SE dan Zulfikar Tanjung, Agus Lubis, Ayu Ningtiyas, Agus Sinambela dan Rony Purba serta pengurus SMSI Sumut serta dihadiri mewakili Kapolres Sergai Kasi Humas Iptu Edward Sidauruk,SE,MM.

“Saya mengharapkan dengan pelatihan ini seluruh wartawan dapat pelatihan ini dengan sebaik mungkin. Silakan bertanya kepada penguji bila tak tahu. Saya ingin, usai pelatihan ini, wartawan media ini mendapatkan pencerahan dan ilmu dalam pencarian dan penulisan berita,” imbuhnya.

Lebih lanjut Zuhari juga menuturkan, bagi wartawan
telah mengikuti pelatihan ini, maka hindari pembuatan berita copy pasti, karena banyak berita yang diragukan sumbernya.

“Ke depan wartawan sinarsergai.com tak kenal namanya copy paste dalam pembuatan berita.”

Sementara itu, Ketua SMSI Sumut, Erris Julieta Napitupulu dalam sambutannya mengatakan, pelatihan yang dibuat media online sinarsergai.com ini sebagai bukti menjadi media yang maju. Sebab, menurut informasi di Kabupaten Serdang Bedagai ini, media sinarsergai.com merupakan media yang pertama melaksanakan pelatihan jurnalistik.

“Apa yang dilakukan sinarsergai.com sebagai langkah maju dengan menggelar pelatihan wartawan. Ini menjadi contoh bagi media media online untuk dapat melakukan hal yang sama. Walaupun saya lihat jumlah wartawan sinarsergai.com sedikit, tapi telah memiliki ilmu yang mumpuni dalam peliputan dan penulisan berita ke depan,”katanya.

Erris juga mengimbau, sebagai Ketua SMSI Sumut dianjurkan untuk dapat mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), karena UKW itu sangat penting dalam pembekalan dan mengerti akan kode jurnalistik, dalam peliputan berita.

Kegiatan pelatihan ini dirangkai dengan pemberian Tamlih kepada 25 orang anak yatim. Hadir pada acara pelatihan jurnalistik tersebut Pemred Sinarsergai.com, Pemred topmetro.news, yang juga Ketua SMSI Sumut Erris J Napitupulu, Pemred waspada.co.id yang juga Penguji UKW dan Penasehat SMSI Sumut, Austin Tumengkol, Pemred realitasonline.id. Agus Lubis, pemilik Koran Harian Top Metro Rony Purba, Pemred Koran Harian Mimbar Umum yang juga Penasehat SMSI Sumut Zulfikar Tanjung, Ayu Ayuningtyas Wakil Sekretaris SMSI Sumut, Kabid Pendidikan Agus Sinambela S.Sos, Pemimpin Umum metrorakyat.com Irwan Sahat Manalu. ( Hots/rel )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *