Nias, PRESTASIREFORMASI.Comcom –
Keluarga besar Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kepulauan Nias beserta puluhan jurnalis merayakan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 bertempat di Jalan Cipto Kota Gunungsitoli, Selasa (27/2/2024).

Pengurus SMSI Kepulauan Nias, Suarman Telaumbanua (ketua), Krispinus Zebua (sekretaris), Bothaniman J Telaumbanua (pengarah), Riswan H Gultom (Humas), Yasiduhu Gulo, Adi Laoli. Hadir juga rekan wartawan Toroziduhu Harefa dan Bedali Zebua, dan lainnya.

Tidak ketinggalan turut dihadiri para penasehat SMSI Kepulauan Nias yakni Amal Agus Zega dan Petrus Gulo.

Ketua Panitia, Haogo Zega dalam sambutannya mengatakan, sesuai SK diterima, panitia bekerja mempersiapkan acara HPN dengan memberdayakan pengurus.

Perayaan HPN diharapkan menjadi moment kebangkitan pers di Kepulauan Nias, semakin profesional menjalankan profesi dengan menggalang kemitraan yang baik kepada berbagai pihak.

Haogo menambahkan, HPN dirangkai dengan kegiatan bakti sosial, yang mana pada Rabu (28/2/2024) akan dilaksanakan gotong royong di Dusun 8 Desa Umbu Balodano Kecamatan Sitolu Ori Nias Utara (Nisut). Aksi sosial  berupa pembangunan rabat beton sederhana dan pemberian buku tulis di SDN 078426 dan SDN 280412 Hoya.

Haogo mengajak semua pihak mendukung, sebab anak anak sekokah di dusun tersebut kesulitan menjangkau sekolah karena jalan seadanya.

Kapolres diwakili Ipda O Daeli mengapresiasi HPN yang diselenggarakan SMSI Kepulauan Nias.

Daeli mengajak jurnalis untuk terus bermitra baik dengan Polres Nias. Daeli mengatakan, dirinya selaku Humas selalu berkomitmen dalam kemitraan menyampaikan informasi sesuai aturan berlaku.

Kasi Datun Daniel Hutagalung SH mewakili Kajari Gunungsitoli mengatakan, kejaksaan dan wartawan merupakan dua pihak yang saling mengisi, sehingga Kejari selalu membuka akses informasi seluas luasnya.

“Bapak Kajari menyampaikan salam dan selamat HPN, beliau tidak dapat hadir karena tugas luar daerah,” jelasnya.

Amal Agus Zega mewakili penasihat menyampaikan, SMSI dan jurnalis harus kompak dalam memperjuangkan hal hal yang masih membelenggu profesi jurnalistik.

“Soal kebebasan, kesejahteraan dan lainnya harus dipikirkan bersama sehingga ruang jurnalis semain baik,” sarannya.

Ketua SMSI Kepulauan Nias Suarman Telaumbanua dalam sambutannya memaparkan sejarah perjalanan pers dari masa ke masa, sejak masa penjajahan hingga andil mengisi kemerdekaan.

Dalam pemantapan perusahan media serta personil jurnalistik dikatakan, dalam waktu dekat SMSI akan menyelenggarakan uji kompetensi, terbuka bagi semua wartawan di Kepulauan Nias.

“Kami terus menggalang kerjasama kepada pemerintah, aparatur penegak hukum, BUMN, swasta dan semua pihak. Kami mengajak semua elemen saling mendukung dalam program SMSI ke depan,” harapnya.

Acara puncak dilakukan dengan pemotongan tumpeng yang dibagikan kepada para undangan dan seluruh yang hadir.

Setelah menikmati makan siang, Ketua Pengarah, Bothaniman J Telaumbanua menutup acara dengan menyampaikan terimakasih kepada undangan. “Terimakasih atas atensi semua pihak. Semoga pers semakin jaya menjalankan profesi serta kemitraan kepada berbagai pihak,” tutupnya.

Hadir sejumlah undangan, Kapolres Nias diwakili Kasi Humas, Ipda O Daeli, Kajari Gunungsitoli diwakili Kasi Datun Daniel Hutagalung SH. ( Hots )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *