Tanjab Barat, PRESTASIREFORMASI Com.Kamis 28 Desember 2023 – Warga Desa Sungai Royan, kecamatan Renah Mendaluh Kabupaten Tanjab Barat propinsi Jambi, terutama sejumlah anak-anak, sudah terserang demam berdarah’ (DBD) .

Berdasarkan pantauan media ini, tingginya curah hujan dan cuaca mending, diduga penyebab nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak dengan cepat sehingga beberapa warga dan anak anak terserang penyakit demam berdarah di desa Sungai Rotan, Kelurahan Lubuk Kambing dan desa Rantau Benar.

Menurut beberapa Warga, memang akhir-akhir ini terutama beberapa anak-anak’, setelah dupeeijsa Tim Media dinyatakan terserang penyakit demam berdarah.

Semantara pihak rumah sakit Lubuk Kambing saat dikomfirmasi media ini membenarkan adanya demam berdarah yang mwnimpa sejumlah warga.

Kepala Puskesmas Samsirwan, mengungkapkan adanya serangan penyakit demam berdarah.

Pihaknya melalui kader desa sudah turun ke lapangan dan membagikan sejenis pemusnah jentik nyamuk Aedes Aegypti yang ada di genangan air dan kolam Masyarakat.

Dia bersama timnya berencana akan mengada kan pengasapan (fogging) ke setiap desa.

“Kita pun menghimbau kepada masyarakat agar membersihkan barang bekas yang bisa digenangi air yang ada di sekitar rumahmu, supaya jentik nyamuk tidak berkembang baik,” ujar Samsirwan.

Dia menyebut, penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang gampang menular kepada siapa pun terutama golongan darah yang sama terhadap yang sudah terserang penyakit tersebut.

“Untuk itu, masyarakat diminta jika anak dan keluarganya terkena demam segera periksakan ke tim medis terdekat agar mempermudah tim medis menteksi penyebab dan mengatasi penyakit yang Side tiga, terutama anak-anak’,” jelas Kepala Puskesmas ini.

Dia menambahkan, bagi yang terserang DBD kondisi mereka masih labil terserang penyakit.

“Demam berdarah adalah penyakit yang tertular dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang berkembang biak di selokan dan di bekas barang bekas yang bisa menampung air Hujan, di sanala jentik-jentik nyamuk berkembang ,” sebutnya.

“Makanya di saat intensitas hujan Tinggi, maka kita wajib mengumpulkan dan mengubur barang bekas yang ada di sekitar lingkungan supaya nyamuk tidak berkembang bila. Dan apabila suhu tubuh tinggi, kepala pusing dan demam berjalan jangan, harap segera priksa ke tim medis rumah waktu,” pungkas Kepala Puskesmas Samsirwan, (Marjuni).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *