Taput,PRESTASIREFORMASI.Com- Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat, SH, MM, Unsur Forkopimda, 
Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sibolga Jonataruli Sidabalok, Fungsional Ahli Muda Badan Pusat Statistik Taput Waltor Simanungkalit , Pimpinan Perangkat Daerah melaksanakan High Level Meeting Pengendalian Inflasi Daerah di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Tarutung, Senin (15/05/2023).

Rapat ini dilaksanakan sebagai tindaklanjut Rapat Koordinasi  Pengendalian Inflasi Daerah yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dan Evaluasi Pengendalian Inflasi Daerah Taput Triwulan I (Januari – Maret 2023) serta membahas langkah konkret Pemerintah daerah ini dalam mengendalikan inflasi.

Merujuk laporan Bank Indonesia Perwakilan Sibolga dan Badan Pusat Statistik Taput, laju inflasi di daerah periode Januari – April 2023 relatif menurun dan terkendali namun Pemerintah perlu menjaga ketersediaan dan harga pasokan komoditas pangan hingga akhir tahun.

Sekaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Taput telah melakukan beberapa program pengendalian inflasi yang antara lain, dalam rangka menjaga pasokan komoditas pangan dan hortikultura, Pemerintah Taput secara konsisten mengembangkan pertanaman padi sawah, komoditas Cabai dan Bawang Merah dimana kebutuhan hingga akhir tahun diproyeksikan akan mengalami kenaikan (surplus).

Terkait Kerjasama Antar Daerah (KAD) Taput telah mengadakan kerjasama perdagangan hasil pertanian dengan Pemerintah Kota Batam dan akan memperluas potensi Kerjasama dengan Kota lainnya seperti Kota Padangsidempuan, Kota Sibolga dan Kota Pekanbaru..

Kemudian pemantauan harga komoditas tetap dilaksanakan secara rutin melalui Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Taput.

Untuk memastikan kebutuhan pangan tetap terjaga, Pemkab Taputtelah menerbitkan Instruksi Bupati Nomor 35 Tahun 2022 tentang Pemanfaatan Lahan Kosong di Pekarangan melalui Penanaman Tanaman Pangan di Sekitar Lingkungan Rumah, Lingkungan Kantor, dan Rumah-rumah Ibadah dan Instruksi Bupati Nomor 36 Tahun 2022 tentang Himbauan Memelihara Ternak.

Selanjutnya untuk memastikan laju inflasi tetap terjaga, Bupati Nikson Nababan akan melakukan kebijakan dan program – program termasuk
melakukan pemantauan harga terhadap 20 komoditas pangan yang dapat memicu terjadinya inflasi, Melaksanakan rapat teknis pengendalian inflasi bersama Forkopimda dan Perangkat Daerah Taput serta melaksanakan Operasi pasar murah untuk menjaga stabilitas harga bahan pangan serta Melakukan sidak pasar secara rutin mengetahui kondisi ketersedian dan harga bahan pangan sekaligus Meningkatkan koordinasi dengan daerah yang defisit komoditas pangan.

” Semoga langkah-langkah konkri Pemkab Taput dalam menekan laju inflasi berhasil dan manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyrakat,” harap Bupati Nikson Nababan.(Jas/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *