Barus,PRESTASIREFORMASI.COM – Dalam rangka rangkaian kegiatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 dan menindaklanjuti Surat Direktur Keamanan dan Ketertiban yang berkomitmen menjadikan Lapas bersih dari praktik peredaran gelap Narkoba serta barang terlarang lainnya, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Barus Kanwil Kemenkumham Sumut di pimpin Ka. Lapas Bahtiar Sembiring Jumat 17/3-2023 melaksanakan Razia Penggeledahan Blok Hunian Serentak dengan melibatkan APGAKUM setempat.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Barus Bahtiar Sembiring mengatakan razia ke kamar blok hunian tahanan dan warga binaan bertujuan untuk meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan demi menciptakan situasi dan kondisi yang aman, nyaman dan tertib, apalagi dalam memasuki bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah.

” Hal itu diwujudkan petugas Lapas Kelas III Barus, dengan merazia kamar hunian dan area blok untuk meminimalisir peredaran dan penyalahgunaan gelap narkoba di dalam Lapas ” ujar Bahtiar Sembiring usai memimpin pelaksanaan bersih -bersih dan razia di kamar hunian Lapas Kelas III Barus .

Penggeledahan dilakukan dengan cara – cara humanis dan berwibawa dengan menjunjung tinggi HAM, Selain merazia narkoba juga merazia benda dan barang larangan berupa handphone, senjata tajam dan barang elektronik lainnya.

” Dari Penggeledahan yang dilakukan petugas berhasil menyita benda larangan berupa, Handphone , Charger HP, kartu Jocker, dan benda larangan lainnnya, tidak ditemukan adanya Narkoba maupun sejenisnya dalam razia ini” ujar Bahtiar Sembiring.

Seluruhnya barang sitaan langsung dimusnahkan dengan cara dibakar dihalaman dalam Lapas Barus disaksikan APGAKUM.

Kegiatan kerja bhakti jajaran Lapas Barus (Fhoto Dok)

Selain itu, dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-59 Tahun 2023, seluruh jajaran Lapas Barus juga bersama-sama turut melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan disekitar kantor menciptakan kebersihan dan keindahan.

Seluruh petugas Lapas Barus melaksanakan kegiatan kerja bakti mulai dari halaman depan kantor hingga diluar halaman. Dengan adanya lingkungan yang bersih maka akan menciptakan kenyamanan sehingga terciptanya lingkungan yang sehat.

“Jumat pagi ini (17/3-2023) kita seluruh jajaran melaksanakan kerja bakti di lingkungan kantor Lapas Barus dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-59 Tahun 2023. Kegiatan ini juga bertujuan menumbuhkan kepedulian dan kesadaran jajaran petugas Lapas Barus akan pentingnya kerapian dan kebersihan lingkungan kerja.” ungkap Bahtiar Sembiring selaku Kepala Lapas Barus. (Zurlang)