Para petani penerima kartu tani di desa Ujung Batu Kecamatan Barus (Foto: Dokumentasi)
Koordinator BPP Sipodang Sahnan Sihotang (Foto: Dokumentasi)

Barus – PRESTASREFORMASI. Com – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah bekerjasama dengan Bank BNI melalui Dinas Pertanian kembali membagikan sebanyak 127 kartu tani kepada masyarakat petani di kecamatan Barus, Sabtu (13/2-2021).

Kelompok Tani yang menerima kartu Tani tersebut terdiri dari Kelompok Bulan dan Bintang desa Ujung Batu dan Maju Terus desa Bungo Tajung.

Sebelumnya, sebanyak 583 kartu tani diserahkan di kecamatan Sosorgadong, penyerahan kartu tani ini dilangsungkan di desa Ujung Batu Barus Tapteng.

Penerbitan kartu tani ini adalah merupakan wujud nyata upaya Pemerintah untuk membantu petani yang bermuara kepada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan petani di daerah ini.

Sahnan Sihotang Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Sipodang kepada PRESTASIREFORMASI.Com mengatakan, kartu tani yang diserahkan tersebut merupakan media penyaluran subsidi Sarana produksi (Saprodi) terutama pupuk bersubsidi.

Dikatakan, dengan kartu tani distribusi pupuk subsidi akan lebih aman karena para petani penerima kartu sudah terdaftar dalam Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

“Sehinggga memudahkan bagi petani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi dari pemerintah dan sekaligus meringankan beban petani untuk melaksanakan pertanaman tepat guna,tepat waktu dan petani tidak susah lagi mendapatkan pupuk,” kata Sahnan.

Kartu Tani, lanjut Sahnan, diperlukan petani untuk membantu produksi pertaniannya pada komoditas padi serta berfungsi sebagai identitas petani, sarana menabung serta salah satu syarat untuk mendapatkan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) guna pembiayaan pertanian.

“Kita harapkan kelompok tani yang ada dapat lebih berkembang, kuat dan mandiri serta segala kemudahan fasilitas dan bantuan yang diberikan Pemerintah dapat menjadi pemicu kuat dan mandirinya kelompok tani dalam meningkatkan hasil produksi pertanian,” pungkasnya .(Zurlang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *