Danlantamal I Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso bersama Bupati Deliserdang Ashari Tambunan menggunting pita Gapura Kampung Bahari Nusantara Desa Rugemuk Pantai Labu, Deliserdang, Sumatera.

Deliserdang, PRESTASIREFORMASII.Com – Dengan mengucap Bismillah, tepat pukul 08.25 WIB, Rabu 18 November 2020, Komandan Pangkalan Utama TNI AL I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso menggunting pita yang direntangkan di Gapura pintu masuk menuju Desa Rugemuk.

“Ini sebagai tanda diresmikannya Desa Rugemuk Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara menjadi Kampung Bahari Nusantara,”ungkap Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso.

Danlantamal I pagi itu didampingi Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, Paban III Tahwilmar Spotmar TNI AL Kolonel Marinir Suhariadi, Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal I Kolonel Laut (P) Sunar Sholehuddin dan sejumlah pejabat utama Lantamal I serta pejabat terkait Kabupaten Deliserdang.

Usai melaksanakan pengguntingan pita, Danlantamal I, dan Ketua Daerah Jalasenastri Armada I (DJA-I) beserta rombongan menuju Lapangan Apel Kampung Bahari Nusantara tempat berlangsungnya rangkaian acara Dawilhanla Pesisir Tahun 2020.

Warga masyarakat nelayan Kampung Bahari Nusantara Desa Rugemuk pagi itu tampak merasa senang dan bahagia. Selain peserta apel Komando Cadangan (Komcad)/ Komando Pendukung (Komduk) Pemberfdayaan Wilayah Perahanan Laut (Dawilhanla), kalangan pedagang pun tampak disiplin mematuhi protokol kesehatan.

Di pantai indah yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka itu berbagai kalangan terdengar riuh menumpahkan rasa bangga dan haru mereka seiring perubahan nyata lewat sentuhan potmar Lantamal I Belawan yang menggurat pesona di kampung itu.


Rangkaian kegiatan puncak acara Dawilhanla pagi itu, yakni,

  • 1. Pecanangan Kampung Bahari Nusantara,
  • 2. Gelar Komcad/Komduk,
  • 3. Penyuluhan Bela Negara,
  • 4. Penanaman Mangrove, bersih-bersih pantai
  • 5. Peresmian Rumah Pintar dan Ruang Baca,
  • 6. Peresmian Renovasi Mushalla,
  • 7. Pelayanan Kesehatan, 8. Pemberian sembako.

Danlantamal I dalam sambutannya pada apel tersebut mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini merupakan implementasi pelaksanaan tugas TNI sebagaimana yang tertuang dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) Pasal 7 Ayat 2b Poin 8, yaitu Memberdayakan Wilayah Pertahanan dan Kekuatan Pendukungnya.

“Untuk itu, Lantamal I akan terus berupaya membangun kerja sama yang baik dan harmonis dengan Pemerintah Daerah maupun masyarakat. Ini guna menanamkan nilai-nilai kebangsaan serta memperhatikan peningkatan sumber daya manusia serta sumber daya alam dengan melaksanakan program penyuluhan, peningkatan kes”ejahteraan dan kesehatan masyarakat,” sebut Danlantamal 1.

Kegiatan Dawilhanla pada hari ini memiliki beberapa rangkaian, di antaranya Pencanangan Desa Rugemuk Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deliserdang sebagai Kampung Bahari Nusantara, kegiatan bersih-bersih pantai, apel komponen cadangan dan komponen pendukung, penanaman mangrove, pemberian sembako serta kegiatan penyuluhan.

“Kita berharap melalui kegiatan ini akan semakin mempererat hubungan antara TNI –dalam hal ini Lantamal I—dengan seluruh komponen masyarakat, terlebih masyarakat Desa Rugemuk Pantai Labu. Ini guna membangun semangat persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar pucuk pimpinan di Lantamal ujung barat NKRI itu.

Bupati Deliserdang Ashari Tambunan dalam sambutannya mengatakan, kawasan pesisir laut sesungguhnya memiliki potensi yang luar biasa jika dikelola dengan baik dan memberi manfaat bagi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Bupati, tujuan dicanangkannya Kampung Bahari Nusantara untuk mengedukasi sekaligus menumbuhkembangkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga sekaligus melestarikan sumber daya peisisir hingga dapat mengubah kondisi pesisir yang ada saat ini menjadi lebih bersih dan indah. (tandjung).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *