Untuk Gerakkan Perekonomian Taput, BUMDes Harus Ada di Seluruh Desa

Tarutung, PRi.com– Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Pj. Sekda Parsaoran Hutagalung memimpin Rapat Kerja (Raker) bersama Pemerintah Desa yang dihadiri Kepala Desa dan BUMDes serta para agen dan pangkalan Elpigi 3 kg se-Kabupaten Taput, bertempat di Balai Data Kantor Bupati, Tarutung (Kamis, 12/09).

“BUMDes harus diberdayakan untuk berperan menggerakkan perekonomian desa dan mengatasi kelangkaan dan permainan harga elpiji 3 kg. Untuk itu harus dilengkapi juknis sehingga peraturan dan ketentuannya jelas karena Elpiji 3 kg hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu dengan mengacu pada data dari Dinas Sosial,” ucap Bupati mengawali arahannya.

“BUMDes harus menjadi penyalur Protio dan Boras Natabo serta hasil produk perusahaan daerah dan produk UMKM. Kita wajib mendukung UMKM untuk memajukan hasil daerah sendiri karena produk ini mempunyai kualitas baik dengan harga terjangkau. Bagi kepala desa yang belum membentuk BUMDes agar segera merealisasikannya dalam waktu dekat, setiap desa harus memiliki BUMDes,” tambah Bupati

Bupati juga menekankan agar Kepala Desa bekerja cepat dalam menetapkan APBDes dengan mengacu pada ketentuan yang ditetapkan.

“Penetapan APBDes harus dipercepat agar pelaksanaan kegiatannya makin dapat mengacu asumsi tahun sebelumnya. Mari sama-sama memikirkan kemajuan desa. Kepala Desa harus membangun komunikasi dengan warga dan para perantau, harus mampu menepis berita hoax dengan menunjukkan kinerja kita,” lanjut Bupati.

Bupati menjelaskan, langkah cepat untuk memajukan Tapanuli Utara adalah dengan berdirinya Universitas Negeri Tapanuli Raya dan mengajak seluruh peserta Raker untuk bersama memperjuangkan hal tersebut.

“Coba kita perhitungkan berapa banyak dana yang keluar dari Taput dan Kawasan Tapanuli untuk biaya kuliah. Seandainya telah berdiri Universitas Negeri akan semakin menumbuhkan perekonomian kita karena semakin banyak dana yang berputar.

Putra-putri kita akan menjadi SDM yang berkualitas, sekolah-sekolah akan memiliki tenaga pengajar yang semakin baik, lapangan kerja semakin terbuka termasuk pariwisata kita akan semakin berkembang. Mari semuanya menyuarakan cita-cita ini,” ucap Bupati mengakhiri.

Pada kesempatan sebelumnya, Raker ini diawali dengan Penandatanganan Kerjasama antara beberapa Pangkalan Gas Elpiji 3 Kg bersama dengan BUMDes yang disaksikan oleh Bupati Tapanuli Utara bersama Rajamin Sirait mewakili PT. Miduk Arta.(Jas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: