Tanjungbalai, PRESTASIREFORMASI.Com – Tuan Syekh Ismail Abdul Wahab (1897-1947) adalah seorang Ulama, Penulis dan Politikus Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai ketua DPRD Asahan pertama.

Ulama yang dimakamkan di belakang RSUD Dr Tengku Mansyur ini rencananya akan dilakukan pemugaranya, hal ini mengingat jasa dan pengabdiannya sebagai salah satu tokoh dan ulama penyebar Islam di Kabupaten Asahan yang sekarang masuk dalam wilayah Kota Tanjungbalai.

Sebelumnya, makam Tuan Syekh H.Ismail Abdul Wahab dipindahkan dari Kompleks Lembaga Pemasyarakatan Pulau Simardan ke samping kiri RSUD Dr Tengku Mansyur, tepatnya Jalan Sipirok / Lorong Sipirok dan sekarang telah diubah menjadi Jalan Tuan Syekh H.Ismail Abdul Wahab sebagai penghormatan kepada beliau

Menindaklanjuti hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai H.Waris Thalib didampingi Seketaris Daerah Yusmada, Kadis PUPR Tetty Juliani Siregar, Kadis Perkim Edy Surya, Kadis Lingkungan Hidup Fitra Hadi Dalimunthe, Kabag Kesra Mhd Fakhrialdi dan mewakili pihak keluarga Alm Tuan Syekh Ismail Abdul Wahab mengunjungi makam sekaligus berziarah dan melihat langsung kondisi makam yang rencananya akan dilaksanakan pemugaran makam dalam waktu dekat.

Menurut Plt Wali Kota H.Waris Thalib, keberadaan makam Syekh Ismail Abdul Wahab bisa menjadi situs religi. “Mengingat beliau merupakan salah satu ulama besar dan penyebar ajaran islam di wilayah Asahan dan Tanjungbalai,” jelasnya.

Dia menyebut, bila dilihat, kondisi makam sekarang ini terlihat hanya seperti bangunan biasa dan tidak ada bedanya dengan makam yang ada di sekitarnya.

“Untuk itu, setelah berdiskusi dengan pihak keluarga, rencananya Pemkot Tanjungbalai akan melaksanakan pemugaran makam agar tampak lebih bagus dan nyaman serta akan terlihat representatif untuk makam seorang tokoh besar sebagai bentuk penghormatan atas jasa jasanya,” sebut Plt Wali Kota H.Waris usai berdialog bersama perwakilan keluarga dan melihat kondisi makam, Selasa (25/5/2021)

“Saya yakin nantinya usai dipugar dan direnovasi kondisi makam akan lebih indah, dari gambar yang kita lihat nantinya akan jauh berbeda dari kondisi yang sekarang, beberapa akan lebih tertata dan rapi, harapanya semoga peziarah yang akan berziarah ke makam ini akan merasa nyaman, dan kusyu dalam berdoa,” ucap H. Waris Thalib

“Alhamdulillah, berkat doa, niat dan semangat kita semua, Insyaallah cita-cita memugar makam nantinya dapat terwujud,” pungkasnya

Mewakili pihak keluarga, Ferry Naimaturahmah Nasution yang merupakan anak dari Hj Raihan Harahap putri Tuan Syekh Ismail Abdul Wahab mengucapkan terimakasih atas kepedulian dan sumbangsih Pemerintah Kota Tanjungbalai dan khususnya bapak Plt Wali Kota H.Waris Thalib yang merencanakan pemugaran makam. Semoga Allah SWT memberikan ridho dan hidayah-Nya sehingga pelaksanaannya nanti berjalan dengan baik, ungkapnya.(Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *