Pemilihan BPD di Desa Medan Estate

Deliserdang, Prestasi reformasi – Berakhirnya masa tugas BPD (Badan Permusyawaratan Desa) di Kabupaten Deliserdang, khususnya di Kecamatan Percut Sei Tuan, mempengaruhi tata kelola keuangan desa, perlu segera dipilih pengurus baru agar tidak menghambat Anggaran Dana Desa.

Berakhirnya masa tugas BPD Deliserdang bersamaan dengan suasana tanggap darurat akibat pandemi Covid-19 melanda masyarakat Indonesia terutama di Kabupaten Deliserdang, sehingga cukup dilematis karena dua-duanya skala prioritas.

Mengingat pentingnya peranan BPD, sangat perlu digelar pemilihan karena lembaga ini turut bertanggung jawab dalam proses penyusunan anggaran dana Desa, apalagi saat ini difokuskan juga untuk pembiayaan penanggulangan Covid-19.

Sesuai aturannya Angaran Dana Desa disahkan BPD dengan Kepala Desa melalui berita acara musyawarah Desa yang telah dituangkan dalam pengesahan APBDes.

Sudah bagian dari tugas Pemerintah bersama BPD, dalam mensahkan anggaran APBDes agar dapat dipergunakan dalam pembiayaan penanganan covid-19 yang saat ini sedang melanda masyarakat.

Mengenai proses Anggaran Dana Desa yang harus dikeluarkan pemerintah, harus ada tanda tangan BPD dan Kepala Desa untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui mekanisme BLT dana Desa yang saat ini dibutuhkan masyarakat.

Dalam hal pengumpulan massa pada perhelatan pemilihan BPD, Pemerintah sudah menganjurkan untuk mengantisipasi dengan cara membasuh tangan, memakai masker dan duduk dengan mengatur jarak yang sudah ditentukan pemerintah agar terhindar dari covid-19.

“Kami harus mengadakan pemilihan BPD yang sudah habis masa jabatannya, dengan cara memilih kembali ,karena untuk pencairan Dana Desa harus ada tanda tangan BPD beserta Kepala Desa baru bisa diambil dananya,” ungkap sejumlah Kepala Desa di Deliserdang.

“Mengenai pengumpulan masa, kami akan ikut aturan pemerintah seperti mencuci tangan, memakai masker dan di dalam ruangan kami atur jarak untuk mengantisipasi penyebaran covid-19,” ungkap seorang kepala desa.(cecep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *