Pelantara 9 Sail Nias 2019: Kunjungi Objek Pariwisata di Kota Bertuah Barus


Tapteng , PRi. Com – Sejumlah agenda kegiatan masih mengisi kesibukan ratusan peserta Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) 9 Sail Nias 2019, di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Di antaranya bakti sosial (Baksos), Minggu (8/92019), bersama dengan personil Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sibolga, peserta Pelantara 9 mengabdikan diri di Desa Jago-jago, Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Kegiatan Baksos, berupa perbaikan rumah ibadah (dua Masjid dan satu Gereja), perbaikan serta bantuan kelengkapan mobiler Madrasah dan bersih pantai.

Salah seorang peserta dari satuan tugas (Satgas) Bela Negara kontingen Kota Padang Sumatera Barat, Muhammad Anugrah Apridio, mengatakan selain bantuan perbaikan rumah ibadah, kegiatan bersih pantai juga diharapkan dapat memberikan manfaat serta tauladan tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Sosialisa tentang bahaya sampah pelastik, menjadi hal penting untuk diketahui masyarakat, khususnya yang bertempat tinggal di daerah Pesisir.

“Dengan aksi nyata, kami mengajak teman-teman bagaimana caranya menyelamatkan lingkungan, terutama pemilihan sampah plastik dari pantai, karena kalau terbuang ke laut, bisa membunuh biota laut,” kata Anugrah.

Kemudian Pada hari Senin 9/9, Mereka juga berangkat ke kota tua Barus, rombongan mengunjungi sejumlah objek Pariwisata Religi seperti ke makam para pemuka agama di pemakaman Almahligai desa Aek Dakka Barus, makam Aulia Syech Mahmud di Papan Tinggi desa Pananggahan Kecamatan Barus Utara dan Tugu Kilometer Nol Peradaban Islam Nusantara di kota Barus.

Perserta Pelantara 9 Sail Nias terdiri dari tiga Satgas, yakni Satgas Pramuka Saka Bahari (binaan TNI Angkatan Laut), Satgas Paramuka Bela Negara (Binaan Kementerian Pertahanan RI) dan Satgas Kapal Pemuda Nusantara (binaan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI).

Mereka tiba di Sibolga sejak tanggal 6 September, kemudian tanggal 9 September akan kembali melanjutkan pelayarannya menuju Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, untuk mendukung kegiatan Sail Nias 2019.(Zurlang) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: