Tarutung,PRESTASIREFORMASI.COM – Peningkatan kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pengembangan jiwa kewirausahaan sangat penting agar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) makin memahami pentingnya masalah kekayaan intelektual didalam peranan memajukan dunia usaha itu sendiri.

Dalam kaitan tersebut Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan didampingi Kepala Dinas Koperasi Marco Panggabean, OPD dan beberapa UMKM di daerah ini, Jum’at (17/07/2020) buka diseminasi dan promosi pendaftaran Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) di Balai Data.

“Kegiatan ini untuk memberikan informasi di bidang kekayaan intelektual bagi UMKM agar dapat memahami pentingnya masalah kekayaan intelektual dan perannya dalam dunia usaha. Juga peningkatan kualitas dan daya saing SDM melalui pengembangan jiwa kewirausahaan,” jelas Bupati.

Disampaikan, bahwa kegiatan itu juga bertujuan untuk mensosialisasikan persiapan-persiapan apa saja yang telah dilakukan Kementerian Hukum dan HAM dalam mengimplementasikan serta menjelaskan tata cara dan prosedur untuk mengajukan permohonan sertifikasi HAKI.

HAKI ini kata Nikson Nababan adalah hak alamiah atau hak dasar yang dimiliki seseorang berkaitan dengan intelektualitas yang meliputi akal atau rasio manusia yang harus dihormati oleh manusia lainnya. Dia berhak untuk memiliki dan mengontrol segala yang diciptakan atau dihasilkan terlebih yang bernilai ekonomi.

” Tidak sedikit produk UMKM yang bernilai ekonomi tinggi dan memiliki keunikan tersendiri yang harus kita lindungi, apa lagi ketika sudah masuk pangsa pasar agar ide dan desain produk kita tidak diklaim orang lain,” ujar Bupati.

Maka untuk keperluan ini kata Bupati, telah tersusun data dan akan diajukan 63 jenis komoditi dan 55 Merek UMKM Taput untuk memperoleh sertifikasi HAKI.

Dalam acara diseminasi tersebut hadir sebagai nara sumber Christ Andrey Napitupulu, M.Si selaku Kasubdit Pemberdayaan, DIT, KSP DJKI Kemenhumkam, Gunawan, S.Si Kepala Seksi Pemeriksaan IG. Dit. Merek DJKI, Aldransyah Pradana Putra, SH Tim KI Komunal Subdit Pemberdayaan.

Kemudian Frans Sunarta Ginting, SH dari Tim Promosi dan Diseminasi KL. Dit. KSP. DJKI Kemenhumkam. Dimana Bupati Taput memberikan cinderamata berupa ulos kepada narasumber dan diikuti pemberian souvenir oleh pengerajin UMKM dari hasil produksi mereka kepada Bupati dan para narasumber.(Jas)

BACA JUGA:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *