Taput,PRESTASIREFORMASI.COM– Wakil Bupati Tapanuli Utara (Taput) Sarlandy Hutabarat, SH sampaikan Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten kepada PT. Bank Sumut, bertempat di Ruang Paripurna DPRD, Senin (13/07/2020).

Pada rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Poltak Pakpahan dan Wakil Ketua Fatima Hutabarat, Sarlandy Hutabarat menjelaskan pentingnya Perda tentang Penambahan Penyertaan Modal Pemerintah yang ditetapkan melalui Persetujuan Bersama antara Kepala Daerah dan DPRD.

Hal ini untuk memenuhi ketentuan pada pasal 78 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Perlu kami jelaskan kepada Dewan Yang Terhormat bahwa tujuan Pemerintah Kabupaten Taput melakukan penyertaan modal pada PT. Bank Sumut adalah untuk mendapatkan bagian laba atau dividen dari penyertaan modal yang dilakukan Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Sarlandy menambahkan, sehingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang dipisahkan, khususnya dari pos dividen PT. Bank Sumut dapat meningkat seiring dengan peningkatan jumlah penyertaan modal yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Taput,” ujar Wakil Bupati.

Dijelaskan , yang menjadi substansi pada Ranperda ini adalah penyertaan modal Pemerintah Daerah kepada PT. Bank Sumut setinggi-tingginya sebesar Rp.48.569.488.910,00.

Ia menyebut, penyertaan modal pada PT. Bank Sumut tahun buku 2019 Rp.28.569.488.910,00. Kemudian rencana penambahan penyertaan modal untuk tahun anggaran 2020 Rp.20.000.000.000,00 dalam jangka waktu 5 Tahun.

Hal ini sesuai besaran tambahan modal pada PT. Bank Sumut serendah-rendahnya, mengacu pada keputusan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT. Bank Sumut.

“Begitupun besaran nilai penambahan penyertaan modal pada PT. Bank Sumut dapat disesuaikan, apabila keuangan daerah pada tahun berkenaan memungkinkan melakukan penambahan penyertaan modal melebihi keputusan hasil RUPS PT. Bank Sumut,” kata Sarlandy.

“Kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk kerjasama yang baik dan kebersamaan yang telah dibangun selama ini.,” lanjutnya.

“Semoga kedepan kerjasama ini masih dapat ditingkatkan sehingga apa yang menjadi tugas kita masing-masing dapat berjalan bagai gerbong kereta api yang bergerak di atas relnya dengan arah dan kecepatan serta tujuan yang sama,” pyngkaa Wakil Bupati Taput ini.

Pada kesempatan tersebut, turut juga disertakan analisa kelayakan investasi penambahan setoran modal Pemerintah Kabupaten Taput pada PT. Bank Sumut. Ini merupakan analisa yang dilakukan Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Kabupaten Taput. (Jas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *