Batubara, PRESTASIREFORMASI.COM – PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap nelayan dengan menyerahkan bantuan 150 unit rumpon atau terumbu karang buatan kepada Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia (PNTI) Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Rencananya rumpon ini akan ditenggelamkan di titik koordinat jermal 4 sekitar sejauh 4 mil dari pesisir garis pantai Desa Gambus Laut dan sekitar sejauh 10 mil dari pesisir garis pantai Desa Medang.

Penyerahan 150 unit rumpon ini dilakukan secara simbolis oleh Ismail Midi selaku Kepala Departemen CSR Inalum kepada Ketua Umum DPD PNTI Batu Bara, Ir. H. Azwar Hamid, M.Sc di Kantor PNTI Kabupaten Batu Bara, Desa Medang, Rabu (24/6).

Bantuan Inalum kepada nelayan ini bukanlah yang pertama kali, sebelumnya juga telah memberikan bantuan kepada nelayan berupa penyuluhan kesehatan dan bantuan peralatan berupa pelampung maupun perahu nelayan.


Kepala Departemen CSR Inalum Ismail Midi pada kesempatan itu, menyampaikan harapannya terkait bantuan ini.

“Harapan Inalum dengan adanya bantuan rumpon ini, pesisir pantai di Desa Gambus Laut dan sekitarnya dapat semakin banyak ikannya sehingga dapat meningkatkan penghasilan nelayan di pesisir pantai,” terang Ismail.

Sedangkan , Ir. H. Azwar Hamid, M.Sc selaku Ketua Umum DPD PNTI Batubara menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas bantuan yang diberikan oleh Inalum.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Inalum kepada nelayan di daerah pesisir pantai Kabupaten Batubara. Semoga bantuan ini dapat membuat ikan yang ada di pesisir pantai Kabupaten Batu Bara semakin banyak sehingga dapat meningkatkan penghasilan nelayan di pesisir pantai Kabupaten Batu Bara khususnya di Desa Gambus Laut dan sekitarnya, ” tutur Azwar.

Bupati Batubara, Ir. Zahir, M.AP mengucapkan terima kasih kepada Inalum dan programnya ini sejalan dengan program Pemerintahan Kabupaten Batubara untuk meningkatkan taraf hidup nelayan, khususnya di daerah ini.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten dan masyarakat nelayan Batubara, kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Inslum atas program yang sangat bagus ini. Program ini sejalan dengan program yang telah disusun di Pemerintahan Kabupaten Batubara yaitu untuk meningkatkan taraf hidup nelayan,” kata Bupati.

Lebìh lanjut Plt. Kadis Perikanan dan Kelautan Batu Bara, Joni Marpaung menyampaikan terima kasih kepada Inslum dan menyatakan bahwa bantuan ini perlu dicontoh perusahaan lain yang ada di Kabupaten Batu Bara.

“Bantuan dari Inalum ini sangatlah bagus dan harapannya dapat menjadi contoh bagi instansi atau perusahaan lain yang ada di Kabupaten Batubara sehingga pesisir pantai Kabupaten Batubara dapat semakin banyak ikannya sehingga dapat meningkatkan penghasilan nelayan,” harap Joni.

Sedangkan perwakilan Camat Medang Deras, Rizal mengucapkan terima kasih atas bantuan Inalym, menurutnya tidak hanya rumpon ini, melainkan juga bantuan-bantuan lainnya.

“Medang Deras terkenal dengan masakannya yang enak dan lezat. Harapan saya Inalum dapat membantu mengembangkan potensi kuliner ini,” tambahnya.

Deputi Sekretaris Perusahaan Inalum Mahyaruddin Ende dalam keterangan tertulisnya juga turut menyampaikan akan terus melaksanakan program CSR lainnya di Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Batubara pada khususnya.

“Penyaluran bantuan CSR ini akan terus dilaksanakan, mohon doa restunya agar Inalum dapat senantiasa beroperasi dengan lancar sehingga kontribusi CSR khususnya pelestarian alam dapat semakin meningkat,” ungkap Ende.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan 150 rumpon in adalahi Bupati Batubara Ir. Zahir, M.AP, Perwakilan Camat Medang Deras Rizal Kasi Pemerintahan, Ketua Umum DPD PNTI Batubara Ir. Azwar Hamid, M.Sc, Plt. Kadis Perikanan dan Kelautan Batubara Joni Marpaung, Kepala Departemen CSR Inalum Ismail Midi serta pejabat TNI Polri dan tokoh masyarakat. (hps/rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *