Taput,Prestasireformasi.com- Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Perikanan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Longgos Pandiangan dampingi Bupati Nikson Nababan tinjau Balai Benih Ikan Silangkitang Kecamatan Sipoholon, Sabtu (13/06/2020).

Dikesempatan itu Bupati memaparkan kalau upaya meningkatkan ketahanan pangan akan terus dilakukan. “Kita akan terus melakukan upaya peningkatan ketahanan pangan terlebih saat ini, salah satunya termasuk juga perikanan. Kita telah menyediakan bibit/benih ikan sebagai bantuan untuk mengajak masyarakat semakin terdorong turut membudidayakan perikanan air tawar ini. Kedepannya kita harapkan Tapanuli Utara mampu swasembada ikan tawar,” ujar Bupati.

Dijelaskannya, bahwa Pemerintah Kabupaten Taput akan menurunkan alat berat untuk mencetak kolam ikan. “Kita juga akan menurunkan alat berat untuk mencetak kolam pada lahan tidur, kita sudah menyediakan 2 unit excavator. Selain mencetak kolam, alat ini juga untuk membuka jalan produksi pertanian dan perikanan serta membangun tali air,” lanjut Bupati.

Saya berpesan agar instansi terkait sesegera mungkin untuk menanggapi semua permohonan bantuan dalam hal perikananan ini dengan gerak tindak lanjut melakukan survei lokasi.

” Perlu tetap melakukan pemantauan kepada para peternak kita agar dapat dibantu apabila terdapat kendala,” pesan Bupati.

Pada peninjauan yang juga bersama beberapa OPD Taput ini, terlihat warga datang ke lokasi BBI tersebut untuk menyampaikan permohonan bantuan bibit ikan, Bupati menyambut dengan baik dan langsung direspon cepat dengan memberikan bantuan sebanyak 3.000 bibit ikan mas, ikan nila dan ikan lele serta 1 sak pakan ikan.

“Saya berharap agar semakin banyak masyarakat yang membudiyakan ikan air tawar, kita akan bantu, bagi yang memiliki lahan silahkan mengajukan permohonan kepada Pemerintah,” tegas Bupati

Usai peninjauan BBI, selanjutnya Bupati bersama rombongan melakukan penaburan 5.000 bibit ikan mas dan ikan nila di tambak masyarakat di Partoguan Desa Hutauruk Kecamatan Tarutung.

Pada lokasi seluas 3 hektar milik keluarga salah satu pomparan marga Hutauruk tersebut, Pemerintah membantu mencetak 24 kotak kolam ikan dan juga pembukaan jalan produksi pertanian-perikanan sepanjang 2 Km.

Bupati kembali tekankan perlunya peran serta masyarakat untuk mendukung upaya ketahanan pangan di Taput dan mengajak masyarakat menghidupkan kembali lahan tidur.

Saya berharap usai penaburan agar kolam ini betul-betul dikelola dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal. Semoga kedepannya hasil dari kolam ini akan dapat memenuhi kebutuhan ikan khususnya bagi masyarakat Tarutung dan sekitarnya.

” Dilokasi ini kita juga telah membuka jalan pertanian sehingga meningkatkan minat masyarakat untuk bertani dan berkolam ikan, terutama menghidupkan lahan tidur yang punya kemampuan untuk jadi produktif didalam meningkatkan perekonomian masyarakat,” pesan Bupati usai lakukan penaburan bibit ikan itu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Longgos Pandiangan yang didampingi Kabid Perikan Carman Situmeang mengatakan, kalau gencarnya pembukaan kolam ikan merupakan program Bupati Taput Nikson Nababan, sudah barang tentu agar petani lebih bisa mandiri dalam mendukung upaya ketahanan pangan.

Pandiangan lebih jauh menjelaskan, bahwa tahun ini ditargetkan mencetak 40 hektar kolam ikan dan yang sudah terealisasi seluas 12 hektar.

“Selain itu, tahun ini Pemkab Taput juga telah membangun jalan perikanan-pertanian sepanjang 8 Km, sehingga total 50 Km sudah dibangun sejak kepemimpinan Bapak Bupati Drs. Nikson Nababan, M. Si, pekerjaan ini dibantu dengan 2 unit excavator milik Pemkab Taput,” ucap Kadis Longgos Pandiangan seraya menambahkan, agar kesempatan yang baik ini dapat memacu semangat warga petani untuk lebih profesional.(Jas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *