Masih Ada Tersingkap Harapan Bahagia 2020

Belawan, PRESTASI REFORMASI.COM Di tengah-tengah sergapan badai pandemi virus Corona, Alhamdulillah kinerja operasional Terminal Petikemas (TPK) Belawan tampaknya tetap mampu menyingkap harapan bahagia tahun 2020.

Menejemen perusahaan terminal petikemas handalan Pelindo I ini membuktikan tekadnya pada kinerja operasional Tri Wulan (TW) I/2020 meningkat di berbagai lini pelayanan.

Seiring wujud pelayanan prima yang terus dipacu ke arah sistem pelayanan serba tepat oleh menejemen TPK Belawan, hasilnya tetap mengusung TPK terkemuka di luar Pulau Jawa ini mampu mempertahankan komitmennya mencapai target yang dibebankan Pelindo I selaku pengelola.

Argumen tersebut diperkuat dengan meningkatnya trafik kunjungan kapal dan arus bongkar muat (b/m) barang dengan menggunakan petikemas internasional dan domestik.

General Manager TPK Belawan Indra Pamulihan menjelaskan, periode triwulan I/ 2020, trend kegiatan b/m terhimpun atas kunjungan kapal sebanyak 218 call dengan jumlah b/m petikemas sebanyak 211.026 box setara 267.456 TEUs dengan volume tonase 3.600.256 ton.

Realisasi kinerja operasional TW I/2020 ini tercatat meningkat 2.183 box dibanding periode yang sama tahun 2019 dengan capaian 208.843 box setara 265.975 TEUs dengan volume tonase 3.473.627 ton.

Peningkatan trafik barang b/m petikemas di TPK Belawan dalam “pelukan” Januari-Maret 2020 ini cenderung di Terminal “B” — dahulu dengan sebutan Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB).

Sedangkan di Terminal “A” yang dahulu dengan sebutan Belawan International Container Terminal (BICT) ini sedikit menurun seiring menurunnya trend b/m pada bulan Februari. Namun di bulan Maret lalu volume di berbagai lini telah dapat digenjot kembali, ujar mantan GM TPKDB itu.

Terpaut pada pertumbuhan di penghujung TW I/2020 inilah pejabat nomer wahid di TPK Belawan ini optimis ke depannya TPK Belawan mampu menyahuti harapan mewujudkan Goal Impian pemegang saham dengan realisasi kinerja operasional pencapaian target sesuai idaman Pelindo I.

TPK Belawan imbuh Indra, kini membawahi dua terminal, yakni Terminal A dan Terminal B. Untuk layanan ekspor-impor pengurusan administrasinya di Terminal A. Sedangkan untuk domestik di Terminal B.

Komoditi Unggulan: Kandungan volume tonase sebanyak 3.600.256 ton (periode Januari-Maret 2020) itu melalui Terminal B (domestik) meliputi Alat Tulis Kantor, Bahan Makanan, Besi dan tepung. Terminal A (impor) terdiri dari pupuk, chemical dan makanan ternak. (Ekspor) palm oil, chemical dan karet.

Meningkat Tajam
Kinerja operasional TPK Belawan TW I/2020 semakin menggembirakan. Hasilnya di Terminal A dengan capaian 51, 30 B/S/H (Box/Ship/Hour). Di Terminal B kinerja operasionalnya juga menggambarkan kecerahan, yakni 46, 97 B/S/H.

Disebutkan, sejak Januari 2020 menejemen Pelindo I melakukan penggabungan menejemen dua terminal petikemws tersebut, yakni BICT dan TPKDB digabung menjadi satu dengan nama TPK Belawan.

Penggabungan dua terminal itu menjadi salah satu upaya dan strategi korporasi dalam memberikan pelayanan yang lebih baik, handal dan efisien bagi memenuhi Customer Satisfaction pengguna jasa.

VP Public Relations Pelindo I Fiona Sari Utami menambahkan, selama masa pandemi ini, kinerja seluruh cabang pelabuhan yang dikelola Pelindo I di 4 Provinsi: NAD, Sumut, Riau dan Kepri tetap berjalan lancar.

“Pelindo I memastikan pelayanan operasional pelabuhan tetap berjalan 24 jam.” ujar “Corong Kebijakan” Pelindo I itu. (masri tanjung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *