Tarutung,PRESTASI REFORMASI.COM – Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Sekretaris Daerah Indra Sahat Simaremare, Jumat 01 April 2020 meninjau pembangunan dan kesiapan Rumah Sakit Umum Daerah Tarutung sebagai tempat isolasi pasien.

“Kita akan menambah ruangan untuk isolasi pasien dengan status ODP maupun PDP, selain ruangan yang sebelumnya akan kita benahi dan ruangan barupun akan dibangun. Fasilitas Rumah Sakit ini akan kita manfaatkan semaksimal mungkin, sebagai dampak adanya penolakan masyarakat terkait tempat isolasi pasien covid-19 ujar Bupati.

Dijelaskan, bahwa hasil peninjauan pembangunan gedung baru yang sedang berlangsung diharap dapat diselesaikan secepatnya. Ada bangunan yang harus selesai dalam satu minggu dan sisanya akan selesai dalam 2 minggu ini.

” Oleh karena itu, Dinas Perkim perlu memastikan bahwa bangunan harus sesuai dengan juknis dan SOP isolasi, ga boleh ada kurang ataupun lebih, harus benar-benar pas. Bangunan baru yang sedang dikerjakan saat ini diperkirakan dapat menampung 32 pasien isolasi menambah daya tampung yang sudah ada saat ini.” Tegas Nikson Nababan.

“Kita juga sedang mempersiapkan pengalihan fungsi beberapa ruangan dan bangunan, termasuk akan mengosongkan beberapa rumah maupun asrama agar dapat digunakan sebagai ruang isolasi. Kita harus mempersiapkan segala hal sebagai antisipasi apabila terjadi kemungkinan terburuk, namun tetap sesuai SOP.” Tambah Bupati.

Pengadaan beberapa sarana dan prasarana kita akan membeli sendiri (APBD) apabila tidak ada menerima bantuan dari Pemerintah Atasan. Saya juga sudah perintahkan agar dipersiapkan ruangan untuk melayani berobat umum maupun rawat jalan.

” Dokter dan petugas medis yang terpapar hanya diperbolehkan melayani konsultasi via telp atau secara online, dan tidak dibolehkan melayani secara langsung,” tegas Bupati.

Dikesempatan itu Bupati meninjau pisik bangunan dan beberapa ruangan serta prasarana Rumah Sakit yang dapat dipergunakan agar lebih banyak menampung pasien ODP dan PDP termasuk meninjau sarana Dapur Umum.

” Kualitas makanan para pasien harus benar-benar baik, berikan makanan tambahan seperti telur dan ekstrafooding untuk meningkatkan kesehatan tubuh agar makin cepat pulih.”

Dinas terkait harus melihat mana bangunan yang lebih flexibel dialihkan agar dapat sesegera mungkin untuk digunakan. Kita perlu persiapkan perencanaan yang baik, benahi dan lengkapi bangunan yang dialih fungsikan dan tetap mengacu pada juknis,” kata Bupati.

Terkait 48 tenaga medis dan kesehatan yang sedang di isolasi, Bupati jelaskan mereka dalam kondisi yang semakin membaik.

“Kita juga sudah mengirimkan 59 sampel swab ke Laboratorium RS USU Medan, kita doakan agar kesehatan para saudara saudari kita ini makin baik dan mampu melewati kondisi ini. Mereka sudah 5 hari menjalani isolasi, kita lihatlah perkembangan selanjutnya,” ucap Bupati.

Dalam peninjuan tersebut, dari jarak 20 meter Bupati memberikan semangat kepada para medis yang sedang bertugas. “Terimakasih atas kerja keras Tim Covid-19 RSUD dan seluruh tenaga kesehatan dalam memerangi corona.

” Tetap semangat dan utamakan keselamatan diri. Bapak Ibu harus tetap sehat agar dapat merawat orang yang sakit,” ucap Bupati dengan suara keras sambil melambaikan tangannya.

Kepada para pimpinan Rumah Sakit, Bupati berpesan agar selalu menjaga dan memperhatikan kebutuhan kerja para petugas termasuk memberikan vitamin dan wedang jahe agar tetap dalam kondisi sehat.

“Perbaiki dan benahi kondisi Rumah Sakit agar sesuai kebutuhan dan apabila ada kendala dalam pelayanan isolasi juga pelayanan umum, sehingga pelayanan semakin maksimal termasuk membuat pembatas lokasi isolasi. Semoga Rumah Sakit ini sebagai Rumah Sakit rujukan Pandemi Covid-19 dapat memberikan penanganan dengan baik,” ucap Bupati diakhir peninjauannya.

Turut mendampingi peninjauan Bupati, Direktur RSUD Janri Nababan, Kadis Kesehatan Alexander Gultom, Kadis Perumahan dan Pemukiman Budiman Gultom, Kasat Pol PP Rudi Sitorus, Kakan Kesbang Hendrik Surbakti, Kabag Tapem Josua Situmeang serta Kabag Perencanaan dan Keuangan Sasma Situmorang.(Jas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *