Gubernur Sumut Nilai Dairi Siap Hadapi Covid-19

Dairi, PRESTASI REFORMASI.COM – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang juga merupakan  Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara, kunjungan kerja dan terjun langsung ke pos pelayanan kesehatan yang ada di daerah Kabupaten/kota, Termasuk kunker ke Kabupaten Dairi, Selasa (21/04/2020) mengunjungi langsung RSUD Sidikalang.

Menggunakan Hely SAR Gubsu Edy Rahmayadi didampingi rombongan dan anggota Gugus Tugas Provinsi Sumut, di antaranya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan bersama Koordinator Medis dan Paramedis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, dr. Restuti Hidayani Saragih.

Mereka take off dari Lanud Suwondo sekitar pukul 09:00 wib dan landing di Lapangan Kompi C Yonif 125/SMB (Lapangan Sudirman) Jalan Sudirman Sidikalang, menggunakan Helikopter milik Basarnas TNI AU dengan no HR – 3606.

Kedatangan Gubsu Edy Rahmayadi itu pun langsung disambut Bupati Dairi, DR.Eddy Kelleng Ate Berutu bersama unsur Forkopimda Kabuapten Dairi di antaranya Dandim 0206/ Dairi Letkol Arh Hadi Purwanto, Kapolres Dairi AKBP Leonardo David Simatupang, Kajari Dairi Sahrul J Subuki dan Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani.

Sinergitas dan kekompakan antara Ketua Gugus Tugas Provinsi Sumut, Edy Rahmayadi dan Ketua Gugus Tugas Kabupaten Dairi, Eddy Berutu tampak begitu hangat, terlihat dari cara penyambutan yang dilakukan Bupati Dairi, Eddy Berutu saat Gubsu Edy Rahmayadi melanjutkan perjalanan dari lapangan Sudirman ke RSUD Sidikalang, Bupati Dairi langsung mengambil kendali sebagai supir yang ditumpangi Edy Rahmayadi.

Gubsu saat melanjutkan perjalanan dari lapangan Sudirman ke RSUD Sidikalang, Eddy tetap mendampingi sembari melakukan ‘vlog youtube’ untuk menyapa masyarakat netizen khususnya masyarakat Dairi.

“Ijin kita ngevlog dulu pak Gubsu. Kita berbahagia mendapat kunjungan dari pak gubernur untuk menyapa kita dan meninjau langsung penanganan yang kita dilakukan mengatasi Covid-19. Ini salah satu perhatian pemerintah baik pusat, provinsi hingga ke desa yang semuanya bekerja melakukan penanganan Covid-19 hingga semuanya bisa teratasi,” ujar Bupati Dairi, Eddy Berutu.

Dalam ‘vlog’ itu juga, Gubsu Edy Rahmayadi langsung menyapa warga dengan harapan seluruh masyarakat Sumut selalu sehat di tengah wabah Covid-19 ini.

“Sehat semua untuk kita semua semoga tuhan melinddungi kita semua jauhi keramaian tetap dirumah hkalau harus keluar gunakan masker dan sehat semua,” ujar Gubsu Edy Rahmayadi.

Selama di perjalanan, Gubsu Edy Rahmayadi menyampaikan langsung kepada Bupati Dari bahwa Kabupaten Dairi lebih siap dalam menghadapi pandemik Covid-19.

Secara langsung Ia menilai tidak ada tampak kerumunan warga di berbagai titik keramian khususnya di kota Sidikalang seperti yang ia saksikan saat menelusuri jalanan kota Sidikalang, khususnya aktivitas masyarakat warga Dairi yang biasanya ramai berubah menjadi sepi dan tertib.

“Masyarakat Dairi tidak ada yang berkeliaran, jalanan dan akttivitas sepi dan tertib di masa pandemik Covid-19. Ini salah satu hal yang baik di tengah wabah Covid-19, untuk memutus rantai penyebaran vitrus Covid-19,” ujarnya.

“Berbeda dengan beberapa daerah yang saya sudah kunjungi, kesadaran masyarakat masih banyak kurang, karena masih terdapat keramaian dan aktivitas masyarakat yang seolah-olah tidak menghiraukan penyebaran Covid-19 karena masih melakukan aktivitas keluar rumah seperti biasa,” sambung Edy.

“Padahal ini sangat tidak baik di tengah pandemik karena semua pihak harus mengambil peran untuk memutus mata rantai penyebaran, Ini hal yang bagus yang saya lihat, kesadaran masyarakat disini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 telah dilakukan bersama-sama,” pungkas Edy.

Kunjungan dan kedatangan Gubsu Edy Rahmayadi dalam rangka kordinasi antara daerah dalam penanganan Covid-19..

Bupati Dairi Edy Berutu menyampaikan rasa bangga dan terimakasih atas dukungan yang nyata yang diberikan oleh Gubsu kepada Pemerintah Kabupaten Dairi dan Kepada seluruh masyarakat Sumut termasuk masyarakat dan warga Kabupaten Dairi.

Dalam kesempatan kedatangan Gubsu Edy Rahmayadi itu, Bupati Dairi Eddy Berutu berharap kedepannya selalu terjalin koordinasi yang pararel bersama pemerintah Pusat dan juga pemerintah Provinsi untuk bahu-membahu saling medukung dalam melakukan penanganan Covid-19 agar bisa teratasi.

Ia menyampaikan penanganan Covid-19 yang saat ini dilakukan pihaknya di Kabupaten Dairi sudah sangat maksimal di tengah keterbatasan indfrastuktur pelayanan keshatan yang kurang memadai, sehingga kedepan nantinya pihak pemerintah Pusat khsusnya Provinsi Sumatera Utara agar bisa mendukung dan membantu pembenahan sarana dan prasarana layanan kesehatan yang dimiliki Pemkab Dairi.

“Penangan darurat sangat minim terlebih dalam sarana prasarana untuk melakukan penanganan Covid-19. Puskesmas dan juga Rumah Sakit RSUD Sidikalang yang merupakan rumah sakit bukan rujukan untuk penanganan Covid sarana prasaranya sangat terbatas,” ungkap Bupati Dairi.

Ia menambahkan, semoga nantinya bisa bisa mendapatkan perhatian dari pemerintah tingkat Pusat dan juga pemerintah Provinsi, membuat sarana dan prasarana kesehatan agar lebih baik lagi bagi masyarakat kita.

Tidak lupa Bupati Dairi, Eddy Berutu menyampaikan rasa terimakasih kepada masyarakat yang mendapatkan apresiasi khusus dari Gubsu Edy Rahmayadi dalam menghadapi Covid-19, karena mayoritas masyarakat Dairi telah mentaati berbagai anjuran dari pemerntah untuk tidak keluar rumah dan mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dalam menghadapi Covid-19 khususnya di Dairi.

“Terimakasih kepada masyarakat warga Dairi, sebagaimana yang disampaikan pak Gubernur, bahwa aktivitas masyarakat di Dairi yang ia lihat langsung di kota Sidikalang secara signifikan berkurang, yang memilih untuk berdiam diri di rumah masing-masing,” ungkap Eddy.

“Dan kesadaran untuk tetap menggunakan masker saat keluar rumah yang ditunjukkan masyarakat kita, merupakan bentuk gotong royong bersama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid di Dairi. Kami sadar betul keinginan semua masyarakat untuk bisa hidup norma kembali, dan itu bisa kita raih dengan kebulatan tekad bersama karena Dairi akan tetap sehat serta kuat jika kita bersama,” pungkas Eddy Berutu.(Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: