Dapat Mobil Baru, Pimpinan DPRD Dairi Dituduh Cuek Tanggapi Darurat Covid-19

Dairi, prestasireformasi.com – Kondisi terbaru akhir-akhir ini di Kabupaten Dairi, ada pemandangan sangat kontras. Saat masyarakat dicekam rasa takut, panik dan galau menghadapi pandemi virus Corona (Civid-19), eeh..malah para pimpinan Wakil Rakyat justeru pertontonkan sikap hedonisme dengan bersileweran ‘menungggangi’ 3 unit Mobil baru merek Mitsubishi tipe Pajero Sport bernilai lebih kurang Rp 2 milyar.

Sehingga sikap para Wakil Rakyat itu, dikecam serta dinilai sebagai kurang perduli dan tidak empati terhadap penderitaan masyarakat yang diwakilinya.

Soalnya, memasuki fase paling kritis memerangi wabah Covid-19 di daerah itu, di saat Pemerintah dan masyarakat berbagai kalangan terkuras energi, dana maupun ide bergotong royong bahu membahu mencegahnya, namun para Wakilnya itu dianggap lebih mementingkan diri karena telah berhasil memiliki mobil dinas baru berharga ratusan juta rupiah per unit.

Sikap para pimpinan DPRD Dairi ini sangat bertolak belakang dengan berbagai Dinas, Pemerintahan desa, Ormas, OKP dan TNI/POLRI saling bahu membahu menanggulangi serta mengantisipasi semakin merebaknya Covid-19.

Mereka sangat disibukkan penyemprotan, anjuran hidup sehat, tinggal di rumah , karantina mandiri jika terasa ada gejala dan menyediakan sarana cuci tangan di setiap fasilitas umum yang rentan terhadap wabah virus Corona.

Namun berbanding terbalik dengan kebijakan Pemerintah Daerah Kabipaten Dairi yang memfasilitasi para pimpinan DPRD mobil Pajero Sport, sehingga dianggap kurang manusiawi dan cenderung melukai perasaan bahkan diluar naluri kemanusiaan di tengah krisis multi dimensi akibat wabah corona saat ini .

Mengapa tidak, di saat kehiduoan masyarakat terbebani berat memikirkan biaya hidup sehari-hari karena bekerja tak bisa maksimal karena takut tertular, ditambah anjuran pemerintah untuk tinggal di rumah.

Akibatnya,nasib golongan menengah ke bawah terpuruk dan memprihatinkan. Ironisnya, masih saja para pimpinan DPRD Dairi mengambil kesempatan menggadaikan moral kemanusiaan untuk menikmati fasilitas kenderaan mobil mewah bernilai ratusan juta per unitnya itu .

Ketika masyarakat bergumul melawan virus corona dengan perut keroncongan berjibaku menanggulangi krisis bencana Non alam yang sudah memasuki zona tanggap darurat, namun para pimpinan DPRD masih tidak bergeming untuk menunjukkan rasa empati pada warga masyarakatnya.

Ada kesan serta tampak di depan mata masyarakat para Wakilnya itu cenderung cuek saja. Tidak ada terbetik suatu kebijakan keberpihakan pada kepentingan masyarakat .

“Padahal di saat krusial seperti ini, seharusnya wakil rakyat dibutuhkan untuk menyuarakan nurani rakyat bukan menikmati hasil menjual suara rakyat,” demikian nada berang dari seorang tokoh masyakat yang minta namanya tak usah disebutkan.

Kesan ini sangat mencolok semenjak kehadiran si Pajero Sport untuk para pimpinan di dewan perwakilan rakyat yang bernila hampir mencapi Dua Milia rupiah itu.

Seandainya dana sebesar ini dimanfaatkan untuk membeli sembako dan dibagikan pada keluarga kurang mampu di kabupaten Dairi ini, sudah dapat memberikan ketenangan warga masyarakat untuk menjalani anjuran jaga jarak dan tinggal di rumah selama batas waktu berbulan-bulan demi memutus mata rantai wabah corona agar berkurangi sedikit demi sedikit .

Ketika wartawan surat kabar PRESTASI REFORMASI dan media Online Prestasi Reformasi.Com coba menjumpai ketua DPRD Dairi, Sabam Sibarani.Sos untuk konfirmasi, di gedung Dewan, Selasa (04/04) , namun tidak bersedia diwawancarai.

Alasan tak dapat ditemui sehubungan jadwal dinas yang sudah teragendakan sangat padat, namun tidak dapat memberikan kepastian untuk dapat diwawancarai, seperti disampaikan ajudan berinisial LP. (Nur Elya Capah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: