Tapteng,PRi. Com “Sektor pariwisata sangat menjanjikan untuk perkembangan ekonomi warga dan meningkatkan sumber Pendapatan Asli Desa (APBdes) untuk itu kita kembali memanfaatkan potensi pantai Sibintang yang memang Indah dan asri dilatari pohon Cemara laut yang hijau dan pasirnya yang putih dengan hempasan ombak yang memukau,”

Pernyataan tersebut disampaikan Ahmad Tarihoran,  Kepala desa Sibintang kecamstan Sosorgadong Tapanuli Tengah saat ditemui PRi. Com di sela kesibukannya memoles Desa Sibintang jadi desa Wisata di Kabupaten Tapanuli, Rabu (8/1/2020).

Ia menyebut,  membangun desa wisata, tidak hanya bermodalkan pemandangan indah, ada beberapa kritertia dan hal-hal penting yang harus diperhatikan yakni alam, budaya dan kreatif adalah modal untuk desa wisata.

Untuk itu, Kata Tarihoran, Pemerintah Desa Sibintang Kecamatan Sosorgadong bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Tapanuli Tengah memprogramkan membangun kawasan pantai Sibintang.

“Dengan melengkapi fasilitas Pariwisata dengan syarat Pemdes Sibintang harus membangun Jembatan dimuara Sibintang serta membentuk Kelompok Sadar Wisata, dan ini sudah terwujud, ” kata Kades Ahmad Tarihoran. (Inset) 

Pantauan PRi.Com, desa ini sudah diberkahi keindahan alam misalnya,  berada di atas pegunungan yang memiliki lanskap hijau nan cantik disertai air terjun di puncak Bukit Gorbus serta berada di pesisir pantai Barat Sumatera Utara  punya budaya dan adat istiadat yang begitu kental.

Budaya yang masih orisinil dan mampu membuat wisatawan jatuh hati warganya masih hidup dengan nilai-nilai budaya luhur  yang masyarakatnya masih menjaga nilai-nilai kebudayaan dan kearifan lokal yang ada. 

“Soal alam dan budaya, kita tidak perlu mencemaskan karena desa Sibintang banyak memiliki modal tersebut dan harus dikemas dengan story telling yang bagus. Hanya saja soal kreatif, harus selaras dengan hal-hal yang mensejahterakan alam dan menjadi atraksi yang menarik,saat ini kita sedang giat – giatnya mempersiapkan desa Sibintang baik dari segi pembangunan, SDM, pendanaan dan pengelolaannya ” tutupnya. (Zurlang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *