Pemkab Asahan Launching Pencanangan GISA Kependudukan 2019

Asahan, PRi.Com – Kabupaten Asahan dengan jumlah penduduk sebanyak 782.250 jiwa, dengan wilayah yang sangat luas, tentu memerlukan pelayanan administrasi kependudukan yang cermat dan tidak berbelit-belit, ” pinta Plt. Bupati Asahan, H. Surya pada acara louncing pencanangan  Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) Kependudukan, Selasa (30/7/20190 di halaman kantor Disduk Capil Asahan.

Surya menyebutkan bahwa program GISA untuk mewujudkan indoneia yang sadar administrasi kependudukan, tertib administrasi kependudukan sebagaimana amanat Undang-undang  Nomor 24 tahun 2013 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan.

Ia menambahkan, khusus untuk penerima Kartu Identitas Anak ( KIA ) yang telah dimulai diterbitkan sejak awal juli 2019 di kabupaten Asahan, untuk itu Plt Bupati Asahan ini mengucapkan terimakasih kepada Disduk Capil dan jajarannya atas usahanya untuk menerbitkan KIA, guna menindaklanjuti Permendagri Nomor 2 tahun 2016.

Kartu Indetitas anak adalah indentitas resmi sebagai bukti diri abak yang burusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah, yang diterbitkan oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten/kota.

Dengan memiliki KIA, anak-anak kita dapat menggunakan sebagai identitas diri, pendaftaran sekolah, dokumen jeimigrasian, transaksi keuangan dan perbangkan.

Plt. Bupati Asahan juga menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama pemanfaatan data antara Disduk Capil Asahan dengan OPD terkait, rumah ibadah, Bappeda Asahan, Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo, Dinas Sosial, DPD Korpri, Camat BP. Mandoge, Gereja HKBP Gambir Baru, Gereja GKPI Lestari, Majelis Agama Budha Theravada Indonesia, Gereja Methodist Indonesia.

Acara itu dihadiri Sekdakab Asahan, para Asisten, OPD, para Camat, Lurah dan undangan lainnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Asahan, Supriyanto dalam laporannya menyampaikan, -Peluncuran GISA ini ditandai dengan dimulainya empat program yaitu, Sadar Kepemilikan Dokumen Kependudukan, Sadar Pemutakhiran data Kependudukan, Sadar Pemanfaatan data Kependudukan, dan Sadar Melayani Administrasi Kependudukan menuju pelayanan yang membahagiakan rakyat.

Supriyanto meminta warga Asahan untuk melakukan perekaman dan pencetakan KTP elektronik dan bagi warga yang belum memiliki, karena ke depan Indonesia akan menuju pada satu nomor kependudukan atau Single Identity Number. (Bagus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: