Tarutung, PRi.Com– Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Ketua DPRD Poltak Pakpahan, Pj. Sekda Parsaoran Hutagalung, Direktur RSU Tarutung dan Kadis Dukcatpil Asnah Sinaga serahkan secara langsung Akta Lahir bagi pasien Rumah Sakit Umum Tarutung, (Senin, 29/7).

Sesaat sebelum menyerahkan akta lahir kepada orang tua dari Avner Alvarotua Hutapea, Bupati berharap melalui program ini bisa membantu masyarakat dalam pengurusan akte lahir anak.

“Saya serahkan akta lahir ini sekaligus bentuk optimalisasi pelayanan dokumen kependudukan ke masyarakat yang membutuhkan. Akte lahir yang diberikan saat ini khusus bagi Ibu yang dirawat saat bersalin di RSU” ucap Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati bersama rombongan menyusuri sejumlah ruang persalinan dan menyapa para pasien.

Dirut RSUD dr Janri Nababan mengatakan akta lahir yang diserahkan Bupati saat ini adalah bagi dua bayi dimana sebelumnya telah menyerahkan 30 akte lahir.

“Kita harap bagi pasangan orang tua yang hendak bersalin di RSUD kalau ingin aktanya cepat keluar agar melengkapi dokumen sesuai persyaratan. RSU dan Disdukcatpil tengah menyiapkan aplikasinya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Dukcatpil Asnah Sinaga mengatakan untuk proses penerbitan akta lahir bayi masih mengadopsi melalui Email. yang merupakan koordinasi dan kerja sama antara 2 OPD yaitu Disdukcatpil dan RSU Tarutung “Sistemnya masih melalui Email dikirim ke kita baru diterbitkan,” tukasnya.

Orang tua salah satu penerima, Daniel Hutapea dan Jenni Sihombing yang bayinya baru lahir pada 26 Juli lalu mengungkapkan rasa syukur karena Pemkab punya inisiatif mempermudah penerbitan akta kependudukan bagi masyarakat dan menyebut program penerbitan akta lahir bagi anak secara online merupakan suatu terobosan.

“Kami senang Bupati datang menyerahkan langsung dan berharap Bupati Nikson diberi kekuatan dalam memimpin Taput,” ujar Jenni Sihombing. (Jas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *