Awas Bahaya Aplikasi FaceApp yang Buat Wajah Berubah

Aplikasi FaceApp yang Buat Wajah Jadi Tua Pakai Artificial Intelligence (AI), Ternyata Ada Bahayanya

Tangkapan Layar #AgeChalenge di FaceApp lagi viral 

PRESTASI REFORMASI.Com – Para ahli memperingatkan kita agar lebih berhati-hati dalam menggunakan aplikasi faceapp yang bisa membuat wajah kita terlihat 30 puluh tahun lebih tua.

Aplikasi aplikasi faceapp dikembangkan oleh tim dari Rusia, lalu viral beberapa hari ini.

Situs daily Mail menulis Aplikasi aplikasi faceapp merupakan salah satu aplikasi yang dapat Anda unduh secara gratis dan menggunakan teknologi artificial intelligence

Dengan teknologi itu, Aplikasi faceapp dapat mengubah wajah Anda menjadi 20-30 lebih tua dari usia sebenarnya. 

Aplikasi tersebut juga dapat mengubah warna rambut, menambahkan kumis, mengganti jenis kelamin ataupun membuat Anda terlihat lebih muda.

Walau demikian, para ahli menyayangkan akan masalah keamanan saat menggunakan aplikasi FaceApp.

Wajah Anda bertransformasi dan membuat perubahan pada bentuk muka pada foto tersebut

Apa itu FaceApp?

Aplikasi FaceApp adalah aplikasi yang membuat foto wajah Anda bertransformasi dan membuat perubahan pada bentuk muka pada foto tersebut. Aplikasi FaceApp menggunakan teknolgi artificial intelligence (AI)

Aplikasi tersebut dapat mengakses galeri di handphone Anda ataupun mengakses kamera jika Anda ingin mengambil foto tersebut secara langsung.

FaceApp saat ini merupakan aplikasi yang paling banyak didownload pada iOS dan Android, tagar #faceappchallenge menjadi trending topik di beberapa sosial media seperti Twitter dan Instagram. 

Tapi dengan semakin meningkatnya popularitas akan penggunaan aplikasi tersebut, banyak yang menanyakan akan seberapa aman aplikasi FaceApp dari data-data yang telah tersimpan pada handphone.

Persyaratan dari aplikasi FaceApp pada dasarnya dapat memberikan akses untuk membuka galeri, mengedit, mengadaptasi dan mengunggah gambar untuk penggunaan teknologi artificial intelligence pada aplikasi tersebut.

Seorang ahli dari United Kingdom, James Whatley, membuat cuitan di Twitter yang berisikan:

“‘Anda memberi FaceApp sebuah lisensi, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti … untuk menggunakan, mengadaptasi, menerbitkan, mendistribusikan konten Anda, dalam semua format media, ketika Anda memposting atau sedang berbagi.”

FaceApp akan diizinkan untuk menggunakan nama Anda, nama pengguna ‘atau apapun yang telah disediakan’ dalam jenis apapun dan Anda tidak akan memiliki hak untuk menghapusnya atau mengeluh tentang hal itu.

Dilansir dari Daily Mail, aplikasi tersebut juga akan mempertahankan gambar lama setelah Anda menghapus aplikasi FaceApp.

Ariel Hochstadt, seorang pakar keamanan dari blog vpnMentor dan mantan manajer pemasaran Gmail untuk Google mengatakan kepada Mail Online bahwa ia telah memperingatkan orang-orang tentang aplikasi seperti ini sebelumnya.

“Para peretas dapat merekam situs web yang dikunjungi orang, dan aktivitas yang mereka lakukan di situs web itu, tetapi mereka tidak selalu tahu siapa pengguna itu,” katanya dalam situs DailyMail. (h/surya.co./Daily mail)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: