Pihak Terkait Diminta Segera Usut Proyek MCK PUPR Bungo

Bungo, PRESTASIREFORMASI.Com – Proyek pembangunan infrastruktur untuk mandi, cuci dan kakus (MCK) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bungo diduga sarat dengan praktik korupsi.

Hal itu diungkap, IS salah warga selaku penerima, yang merasa kecewa dengan pengerjaan proyek miliaran yang dikerjakan asal jadi saja. “Beginilah kondisinya pak,” ungkap salah seorang warga.

Proyek pembangunan MCK yang dibiayai dari DAK (Dana Alokasi Khusus) Afirmasi Bidang Sanitasi tersebut tersebar di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Bungo.

Data yang berhasil dihimpun, pengerjaan MCK atau tangki septic dibangun di Kecamatan Pelepat, sebanyak 441 unit, Pelepat Ilir 500 unit, Bathin II Pelayang ada 218 unit, Bungo Dani sebanyak 65 unit, Bathin II Babeko ada 150 unit dan Jujuhan Ilir sebanyak 415 unit.

Dana untuk perunit MCK menghabiskan anggaran Rp 5 juta. Sedangkan keseluruhan yang dibangun ada 1.789 unit. Dengan menelan uang negara senilai Rp 8,9 miliar.

Hasil penelusuran, diduga pembangunan MCK tersebut dikerjakan tidak sesuai volume (spek) yang telah ditentukan. Kenyataannya, perunit MCK itu dibangun dengan nilai kurang dari Rp 5 juta.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bungo, Thamrin, belum bisa dikonfirmasi. Dikarenakan jarang berada di tempat, begitu juga nomor teleponnya tidak ada.

“Kami stafnya gak ada simpan nomor handphone Bapak,” ungkap salah seorang pegawai kantor PUPR Kabupaten Bungo saat mau temui Kadis untuk konfirmasi ke kantornya.

Beberapa tokoh masyarakat maupun LSM yang dimintai tanggapannya terkait proyek ini, meminta agar pihak terkait segera mengusutnya. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pertemuan Pergerakan Kader KB Se-Kabupaten Asahan

Jum Jul 12 , 2019
Asahan, PRi.Com – Plt. Bupati Asahan H. Surya Bsc bersama Sekretaris Daerah Taufik Zainal Abidin S. Sos, MSi dan Asisten II Ekbang menghadiri pertemuan Penggerakan Kader Keluarga Berencana se Kabupaten Asahan di Hotel Bintang Kisaran, ( Kamis, 11/07/2019 ) Kadis P2KBP3A, Drs. Muhilli Lubis dalam laporannya menyampaikan, mekanisme operasional penyelenggaraan […]
%d blogger menyukai ini: