Sibandang Island Muara Taput Diresmikan

Surga di Kawasan Danau Toba dengan Konsep Wisata ‘Back to Nature’

Taput, PRi.Com – “Sesuai dengan salah satu Visi untuk menjadi daerah tujuan wisata, Pemerintah Tapanuli Utara telah membangun jalan lingkar dan selanjutnya menetapkan Pulau Sibandang sebagai daerah bebas polusi. Hal ini dilaksanakan dengan membatasi masuknya kendaraan bermotor yang menggunakan BBM sehingga nantinya para wisatawan dapat menikmati konsep wisata ‘back to nature’,” ucap Wakil Bupati Tapanuli Utara Sarlandy Hutabarat, SH .

Hal itu Ia kemukakan saat peresmian ‘Sibandang Green Island’ bertempat di Desa Sibandang Kecamatan Muara, Sibandang (Jumat, 05/07) bersama Manager Pemasaran PLN Sumut Hasiholan Purba dan GM PLN UP 3 Sibolga Poltak TP Samosir.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Tapanuli Utara melaksanakan telekonferensi dengan Wakil Gubernur Sumut H. Musa Rajekshah yang didampingi GM PLN Sumut Feby Joko Priharto dan para undangan lainnya, bertempat di Balai Agung Astakona, Medan.

Wakil Bupati mengucapkan terima kasih atas perhatian pihak PLN bersama dengan Pemerintah Povinsi Sumatera Utara dalam mendukung pembangunan di Tapanuli Utara khususnya sektor pariwisata dan menjelaskan kondisi Pulau Sibandang secara umum.

“Kami informasikan juga bahwa Danau Toba memiliki beberapa pulau, salah satunya adalah Pulau Sibandang ini dengan luas wilayah 711,8 Ha dan jumlah penduduk 2.054 jiwa yang terdiri dari 3 Desa, yaitu Sibandang, Papande dan Sampuran,” ungkapnya.

Untuk itu Sarlandy sangat berharap, kedepannya perhatian Pemerintah Provinsi akan selalu bertambah untuk mendukung pembangunan Tapanuli Utara.

Dalam sambutan GM PLN Sumut Feby Joko Priharto mengatakan, program ini sebagai upaya Pengembangan pariwisata di Kecamatan Muara sekaligus mengajak masyarakat peduli lingkungan.

Ia menambhkan, bahwa ketersediaan energi listrik di Sibandang dihasilkan dari Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hydro dan 100 persen masyarakat Pulau Sibandang telah menggunakan listrik prabayar.

“Dengan kecukupan pasokan energi listrik yang dimiliki PLN akan mampu membebaskan Sumatera Utara dari kegelapan serta mengurangi pemakaian masyarakat pada bahan bakar dari fosil demi kelestarian lingkungan,” ucap GM Feby Joko Priharto

Peresmian ‘Sibandang Green Island’ ditandai dengan membunyikan sirene oleh Wakil Gubernur dan dilanjutkan penandatangan SPJBTL Layangan Prioritas serta prasasti gapura.

Di tempat terpisah, Wakil Bupati menerima secara simbolis bantuan dari pihak PLN yang selanjutnya diserahkan kepada para Kepala Desa dan masyarakat serta meresmikan Stasion Penyedia Listrik Umum (SPLU).

Bantuan yang diserahkan antara lain: sepeda motor listrik, becak bermotor listrik, kompor induksi, Budidaya Pengrajin Ulos dan pembangunan gapura.

Acara peresmian ini diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama mendukung ‘Sibandang Green Island’ oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, pihak PLN dan masyarakat.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati, Staf Ahli Bupati, beberapa pimpinan OPD, Camat/Uspika Muara serta para Kepala Desa dan para tokoh masyarakat.(Jas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tiga Pria Penyalah Narkoba Diamankan Polres Taput

Sab Jul 6 , 2019
Tarutung, PRi.Com– Tiga pria penduduk Tarutung Tersangka (tsk) penyalah gunaan Narkoba diamankan SatRes Narkoba Polres Tapanuli Utara (Taput) Sumut, Jum’at (5/7) dengan waktu dan tempat berbeda. “Penangkapan kali ini juga berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa ke tiga laki-laki ini sering melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis Sabu, dan saat penggerebekan […]
%d blogger menyukai ini: