Semakin Dalam Rinduku Kembali Ke Al Qur’an

Baginda Masri Tanjung sedang mengajar

Belawan, PRi.Com – “Begitu pamit tinggalkan majelis Al Qur’an, semakin dalam rinduku ingin kembali.” Itulah penggalan tekad puluhan santri Rumah Maghrib Mengaji Al-Falah Belawan II Kecamatan Medan Belawan.

Untaian indah bernuansa konstruktif dalam upaya meningkatkan semangat dan minat baca Al-Qur’an ini mereka kumandangkan setiap malam selepas belajar mengaji di Rumah Maghrib Mengaji Al-Falah I Jalan Selebes Lingkungan 37 Belawan II, Medan Belawan asuhan Bgd.Masri Tanjung dan Bunda Jusni Manday sekaligus sebagai tenaga pengajar.

Tekad yang juga merupakan motto Rumah Maghrib Mengaji Al-Falah I Belawan II mendapat nilai sambutan positif dari kalangan orang tua murid.

Bapak Rikson Tarigan contohnya mewakili orang tua murid, ia mengaku merasa sangat bahagia mendengarkan para santri mengumandangkan tekad tersebut.

“Tekad yang diterapkan guru ngaji Rumah Maghrib Mengaji Al-Falah I Belawan II Bapak Baginda Masri Tanjung kepada lebih 50 orang murid ngaji ini sungguh menggugah semangat belajar para murid. Tambahan lagi rasa bahagia dan optimis saya karena putera kandung saya Rafli Tarigan merupakan santri yang ikut belajar di rumah Pak Tanjung ini,” ungkap pengsuaha mufa yang bergerak di bidang usaha Tukang Mas PTMBS kawasan Pasar Inpres Jalan Jawa Belawan.

Pemenang Lomba Peserta Puteri: Juara I Yolda P. Octavia, Juara II Sarah Umairah, Juara III Tiara Aswad, Juara Harapan Siti Hawa. Peserta Putera: Juara I Ryan M Aswad, Juara II Muhammad Irfan Khan, Juara III Maulana Siregar, dan Juara Harapan Aditya.

Pengusaha Tukang Mas D.Tarigan yang juga selaku donatur program belajar membaca Al-Qur’an Rumah Maghrib Mengaji Al-Falah I Belawan II ini memenyampaikan apresiasinya pada acara penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Hafal Membaca Surah Al-Mulk di Rumah Maghrib Mengaji Al-Falah (RMA) Belawan II, Ahad malam penghujung Juni lalu.

Rasa bahagia Bapak Rikson Tarigan juga tercermin malam itu, karena pada acara tersebut si biran tulangnya Rafli Tarigan mendapat kepercayaan dari Baginda Masri Tanjung sebagai Qori.

Rafli Tarigan santri Pondok Pesantren Raudlatulhasanah Medan ini membacakan surah Al-Muzammil dengan tartil terasa cukup menggugah perasaan kedua orang tuanya. Pada kesempatan itu si lajang tanggung yang tergolong humanis dan tampan ini mendapat sambutan harmonis oleh puluhan santri. Sambutan sangat kekeluargaan itu mereka sampaikan secara lisan dan tertulis pada sepanduk panitia pelaksana Lomba Hafal surah Al-Mulk.

Pemenang Lomba Peserta Puteri: Juara I Yolda P. Octavia, Juara II Sarah Umairah, Juara III Tiara Aswad, Juara Harapan Siti Hawa. Peserta Putera: Juara I Ryan M Aswad, Juara II Muhammad Irfan Khan, Juara III Maulana Siregar, dan Juara Harapan Aditya.

Belajar baca doa

Tingkatkan Minat Belajar

Al-Ustad H.Bagindo Rizal Effendy Tanjung dalam tausiyah singkatnya selain memberikan apresiasi atas semangat dan kemampuan para santri menghafal dan membaca surah Al-Mulk dengan tartil, penasehat RMA ini juga mengimbau agar para santri terus meningkatkan minat belajar di Rumah Magjrib Mengaji Al-Falah Belawan asuhan adik kandungnya itu.

“Kepada semua anak dan cucu yang Atok sayangi, bagi yang menang dalam lomba ini jangan cepat merasa puas. Masih banyak yang perlu kalian pelajari tentang ilmu Al-Qur’an. Begitu juga bagi yang belum menang, masih ada kesempatan ke depan.

“Bahagia sekali, di Rumah Maghrib Mengaji Al-Falah I Belawan II asuhan Bapak Baginda Masri Tanjung ini cukup riuh kegiatannya. Bukan cuma belajar membaca Al-Qur’an secara tartil saja. Tapi banyak juga ekskul yang beliau ajarkan kepada murid, seperti pelajaran tentang Akhlaqulkarimah, Taharah (Cara Bersuci), Shalat, Barzanji/Marhaban dan LTTD (Latihan Teknis Tampil di Depan) berpidato durasi 10 menit.

Berdiri Sejak 1996
Program Belajar dan Mengajar Al-Qur’an di rumah Baginda Masri Tanjung ini dimulai sejak tahun 1996 dampai sekarang.

“Awalnya saya cuma mengajar anak saya tiga orang putera, yakni Muhammad Yasser Manday, Muhammad Hussein Manday dan Rustam Effendy Thahir. Berjalan beberapa bulan, kalangan orang tua di sekitar rumah saya ini mulai mengantarkan putera-puteri mereka belajar ngaji di rumah saya.”

“Pinta dan harapan jiran tetangga tadi saya sahuti dengan harapan semoga program belajar ngaji yang saya gelar di rumah ini dapat membantu mengurangi buta aksara Al Qur’an bagi generasi. Alhamdulillah berjalan selama dua puluh tahun lebih, kegiatan ini tidak saya kutif biaya, kalau istilah emak-emak sekedar uang minyak. Itu saya gratiskan, yang penting anak-anak mau datang ke rumah saya belajar ngaji, sahut Cekgu itu dengan senyum khasnya.

Brosur Rafli Tarigan Bin Rikson Tarigan

“Al-hamdulillah melalui program Maghrib Mengaji ini kita bisa berbagi kepada generasi mengenai ilmu membaca Al-Qur’an dan pentingnya Akhlaqulkarimah serta dapat menjauhkan generasi dari serangkaian penyakit masyarakat, seperti pengaruh dan ancaman narkoba, tawuran dan dampak negatif pengaruh globalisasi lainnya melalui IT yang terpengaruhi plus berita bohong.” jelas Masri Tanjung.

“Program belajar kita sediakan waktu 2 jam mulai 19.00 sampai 21.00 WIB. Ini di antaranya 30 menit untuk ekskul. Insyaallah kalau ada calon murid yang bergabung belajar di Rumah Maghrib Mengaji Alfalah I Belawan II tetap kita terima. Contact Person 0813 7651 0889.” ujar Baginda Masri Tanjung. (sri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pelindo 1 Tunjukkan Tren Kinerja Positif

Jum Jul 5 , 2019
Belawan, PRi.Com – Semester 1 Tahun 2019 (Januari-Mei) PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) atau Pelindo 1 tunjukkan tren kinerja positif. Pertumbuhan meningkat signifikan di berbagai lini pelayanan. Kondisi tersebut tercermin pada kinerja operasional Cabang-Cabang Pelabuhan yang dikelola Pelindo 1 sebagai perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan ini. VC […]
%d blogger menyukai ini: