Pelindo 1 Tunjukkan Tren Kinerja Positif

Belawan, PRi.Com – Semester 1 Tahun 2019 (Januari-Mei) PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) atau Pelindo 1 tunjukkan tren kinerja positif. Pertumbuhan meningkat signifikan di berbagai lini pelayanan.

Kondisi tersebut tercermin pada kinerja operasional Cabang-Cabang Pelabuhan yang dikelola Pelindo 1 sebagai perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan ini.

VC Public Relations Pelindo 1 Fiona Sari Utami menjelaskan, bongkar muat (B/M) barang di Pelabuhan Konvensional Belawan tercatat meningkat 17,58 % dalam hitungan volume tonase 4.316.927 ton. Pada periode yang sama tahun 2018, volume B/M tercatat 3.671.344 ton.

Pertumbuhan 17,58 persen tersebut didorong oleh  trafik komoditi primadona ekspor curah cair (C/C) jenis minyak sawit (turunannya) dengan ratio 20,50 % setara 1.304.286 ton. Pada periode yang sama tahun 2018, lalu lintas “Curah Cair Emas” ini tercatat 1.082.303 ton.

Arus Penumpang turun dan naik melalui Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan dalam rentang waktu Januari-Mei juga meningkat sampai 206% dengan jumlah penumpang 131.995 orang. Sedangkan Januari-Mei 2018, trafik penumpang tercatat 39.849 orang, jelas Fiona. Di kesempatan itu hadir Menejer   Umum Pelindo 1 Cabang Belawan Khairul Ulya, Asmen Humas BICT Tengku Irfansyah, dan Asmen Humas TPKDB Suandi Purba.

Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB) juga menunjukkan pertumbuhan yang cukup menggembirakan di sektor pelayanan B/M peti kemas dengan sentuhan kecepatan 41 B/S/H (Box/Ship/Hour). Sedangkan tahun 2018 dalam kurun waktu yang sama produktivitas B/M petikemas Antarpulau masih dalam hitungan 38 B/S/H.

Pertumbuhan  dengan sentuhan 41 B/S/H itu  cukup signifikan imbuh Fiona. Ini di atas standar kinerja B/M petikemas di TPKDB yang ditetapkan oleh  Kementerian Perhubungan 30 B/S/H.

Belawan International Container Terminal (BICT)

Kinerja operasional di perusahaan terminal peti kemas internasional andalan Pelindo 1 ini pun terus menggeliat dalam menyahuti tuntutan dan tantangan pelayanan prima yang kehendaki pengguna jasa  sekaligus mewujudkan Goal Impian Pelindo 1 selaku pengelola.

Hingga penghujung Mei 2019, BICT telah mampu merealisasi pelayanan bongkar muat dengan tren kecepatan 52 B/S/H.

Angka B/S/H  di  TPK terkemuka di luar Pulau Jawa ini terus meningkat. pada tahun 2018 berada pada posisi 49,85 B/S/H.

Kinerja opersional BICT yang terus meraup pertumbuhan secara nyata ini seiring dengan penerapan budaya “Hot Seat Shake Hand” bagi para pekerja lapangan yang akan melakukan pertukaran shift pekerjaan.

Budaya tetsebut merupakan kebiasaan positif yang diterapkan BICT bagi meningkatkan pelayanan operasional kepada pengguna jasa.

Ke depannya tambah Fiona Sari Utami, Pelindo 1 akan terus meningkatkan pelayanan, menciptakan terobosan-terobosan baru dan ekspansi bisnis yang turut mendukung kemajuan industri kemaritiman di Indonesia. (masri tanjung)…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kadis Pertanian dan Perikanan Labusel Mendadak Mengundurkan Diri

Jum Jul 5 , 2019
Berselang Beberapa Jam 2 Kabid Dicopot dari Jabatannya Kotapinang, PRi.Com — Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Labuhanbatu Selatan (Labusel) Hasan Basri SP dikabarkan mendadak mengundurkan diri dari jabatannya terhitung sejak Jumat, (28/6) lalu. Informasi pengunduran diri orang nomor satu di instansi pertanian dan perikanan Pemkab Labusel tersebut sangat cepat menyebar […]
%d blogger menyukai ini: