Pelindo 1 Berangkatkan 6000 Peserta Mudik Gratis di 4 Provinsi

Belawan, PRESTASI REFORMASI.Com – PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 memberangkatkan total 6000 pemudik dalam program Mudik Bareng BUMN 2019 dalam momen Lebaran Idul Fitri tahun 2019 ini.

Puncak penyelenggaraan Mudik Bareng BUMN 2019, Pada hari Kamis (30/5/2019). Pelindo 1 memberangkatkan peserta program Mudik Bareng BUMN 2019 secara serentak di enam kota di empat provinsi sekaligus yaitu Medan, Lhokseumawe, Sibolga, Pekanbaru, Kandis, dan Perawang menuju berbagai kota tujuan di Pulau Sumatera.

Di Pekanbaru, 269 pemudik yang berangkat dengan 7 bus dilepas oleh Gubernur Riau Syamsuar dan General Manager Pelindo 1 Pekanbaru I Wayan Wirawan dari Kantor Gubernur Riau dengan tujuan Medan dan Padang.

Dilanjutkan dengan memberangkatkan 200 pemudik di Perawang dan 200 pemudik dari Kandis dengan tujuan Medan. Di Lhokseumawe, tiga bis yang diberangkatkan dari Kantor Pelindo 1 Cabang Lhokseumawe dengan jumlah 92 pemudik dilepas oleh General Manager Pelindo 1 Cabang Lhokseumawe Budi Azmi bersama Sekda Kota Lhokseumawe, dengan tujuan Medan dan Banda Aceh.

Di Sibolga, tiga bus diberangkatkan dari Kantor Pelindo 1 Cabang Sibolga dengan jumlah pemudik 73 orang menuju Medan, Padang, dan Pekanbaru, dilepas oleh General Manager Pelindo 1 Cabang Sibolga Suhari beserta perwakilan Walikota Sibolga.

Selain itu, setidaknya 244 pemudik diberangkatkan dengan 7 armada bus dari Kantor Pusat Pelindo 1, Belawan, Medan dengan tujuan Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, dan Banda Aceh, yang dilepas oleh General Manager Pelindo 1 Cabang Belawan Yarham Harid, Camat Belawan Ahmad SP, dan Manajer Umum Pelindo 1 Cabang Belawan Khairul Ulya.

GM Pelindo 1 Cabang Belawan Yarham Harid dalam sambutannya menjelaskan bahwa program mudik gratis ini merupakan komitmen Pelindo 1 dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat khsusnya masyarakat di kawasan operasional Pelindo 1.

“Program mudik gratis ini merupakan komitmen Pelindo 1 dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat serta merupakan tanggung jawab sosial kami dalam mempermudah ataupun mengurangi beban masyarakat dalam rangka mudik ke kampung halaman,” jelas Yarham.

Mudik Bareng BUMN 2019 ini dipelopori oleh Kementerian BUMN yang digelar secara rutin untuk membantu masyarakat untuk mudik lebaran Idul Fitri 1440 H. Pelindo 1 menyediakan armada bus untuk masyarakat yang mudik melalui jalur darat yang meliputi 40 armada bus dan 8 armada kapal.

VP Public Relations Pelindo 1 Fiona Sari Utami menjelaskan program mudik gratis ini merupakan komitmen Pelindo 1 dalam menjalankan tanggung jawab sosial kepada masyarakat khususnya di kawasan operasional pelindo 1 dalam memberikan pelayanan yang aman dan nyaman.

“Mudik Bareng Gratis Pelindo 1 merupakan bentuk tanggung jawab sosial Pelindo 1 untuk menyediakan sarana transportasi yang nyaman dan aman bagi masyarakat. Dari tahun ke tahun, program mudik gratis ini sangat diminati sehingga Pelindo 1 menambah kuota peserta mudik,” ujar Fiona.

“Tahun 2019 ini, Pelindo 1 memberikan kuota peserta mudik sebanyak 6.000 orang, meningkat 26,31% jika dibandingkan tahun 2018 yang sebesar 4.750 orang. Dengan penambahan kuota peserta mudik gratis ini diharapkan dapat mengurangi tingkat kecelakaan selama masa mudik lebaran,” lanjutnya.

Tentang PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)
Pelindo 1 adalah BUMN yang mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat, berkantor pusat di Medan dan memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan.

Pelindo 1 mengelola 16 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan/ perwakilan dan mengelola 1 (satu) unit usaha yaitu UGK (Unit Usaha Galangan Kapal) dan RSPM (Rumah Sakit Pelabuhan Medan) serta 6 (enam) Anak Perusahaan, yaitu PT Terminal Petikemas Indonesia (TPI), PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL), PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK), dan PT Prima Husada Cipta Medan (PHCM).

Pelayanan Pelindo 1 meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya. Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini Pelindo 1 dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga sehingga untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien.

Pengembangan secara kontinu ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional. (Bgd. Masri Tanjung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: