Wabup Bungo Upacara Hari Lahir Pancasila di Makodim 0416/Bute

Bungo, PRESTASIREFORMASI.Com – Setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila sebagaimana telah ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Upacara memperingati hari Lahir Pancasila dilaksanakan di lapangan Kodim 0416/Bute yang dihadiri oleh Wakil Bupati Safrudin Dwi Apriyanto, Sekda Kabupaten Bungo, seluruh ASN, TNI, POLRI dan para OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Bungo, ormas dan perwakilan lainnya.

Bertindak sebagai komandan Upacara Dandim 0416/Bute Letkol Inf Wahyu Hadi Soenaryo, S Sos MM. Dalam sambutannya mengatakan tangggal 1 Juni merupakan hari Lahir Pancasila ini merupakan salah satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Dengan demikian kita harapkan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik,” ujar Dandim 0416/Bute.

Pancasila sebagai leitstar dinamis bintang penuntun mengandung negara yang memberikan orientasi arah perjuangan dan pembangunan bangsa kedepan sebagai energi positif bangsa dan negara.

Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan khususnya dalam merealisasikan visi dan misi bangsa Indonesia.

Sebagai negara bangsa yang inklusif dan tidak diperlukan pengelolaan unit kultural dan kulit politik secara dialektis maksudnya keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun Tamansari kebudayaan yang memungkinkan semua makhluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat Indonesia.

Untuk itu kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati saling kerjasama atau gotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada,kondisi demikian dapat berkembang melalui budaya politik warga dan demokratif budaya politik yang menimbulkan ketakutan kita Indonesia kita Pancasila ada yang percaya diri optimis dan penuh harapan dalam menatap masa dengan sebagai bangsa yang majemuk adil dan makmur melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019 Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita semua harus terus-menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara ideologi dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan bangsa Indonesia kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun damai adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan kita Indonesia kita Pancasila.

Di lain tempat saat diwancarai oleh awak media Kodim 0416/Bute Letkol inf Wahyu Hadi Soenaryo, S Sos MM mengatakan bahwa hari kelahiran Pancasila termasuk hari libur nasional. Ini adalah salah satu momen untuk mempererat kesatuan dan kesatuan bangsa,” kata Dandim 0416/Bute.

Jadi dengan adanya pancasila ini merupakan dasar yang kuat karena pancasila mampu mewadahi keanegaraman yang ada di bangsa ini sehingga kita menjadi bangsa yang besar yang berbagai macam suku,agama,ras dan golongan ini merupakan suatu kekuatan supaya kita menjadi bangsa yang besar, ujar Dandim 0416/Bute.

Harapan kami dari TNI maupun POLRI selamat hari pancasila,marilah kita kembali lagi menggali, mengamalkan pancasila mungkin ada yang sudah lupa isinya,pertamakali harus hapal dulu isinya,kedua kita coba pahami isinya dan kita amalkan dikehidupan sehari – hari,” tutup Letkol Inf Wahyu Hadi Soenaryo, S Sos MM sebagai Kodim 0416/Bute. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: