Akibat Selang Bocor PLTP SOL Taput Terbakar

Taput, PRi.Com – Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla, Minggu (26/5/2019), sekira pukul 21.21 Wib, terbakar.

Kebakaran tersebut terjadi di area PLTP Sarulla Unit 1 SIL, tepatnya di Desa Silangkitang Kecamatan Pahae Jae, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumut.

Informasi diperoleh saat itu, sekira pukul 21.21 Wib, seorang security, Frekdi Simatupang, sedang melaksanakan piket jaga di pos 2 di area PLTP Sarulla Unit 1 SIL. Namun tiba-tiba, Ia melihat kobaran api dari pipa di area tersebut. 

Menurut keterangannya, sebelum kebakaran, seorang pekerja bernama Iskandar Tambunan sedang melakukan pengecekan rutin di pipa tersebut. Kemudian, Frekdi Simatupang melaporkan kejadian itu dan langsung mencoba untuk memadamkan api bersama temannya dengan menggunakan apar.

Tidak lama kemudian, personil Polsek Pahae Jae dan petugas Pemadam Kebakaran dari Tarutung tiba di lokasi dan langsung bersama-sama memadamkan api. Sekitar pukul 22.30 Wib, api berhasil dipadamkan.

Kapolres Taput AKBP Horas M Silaen MPsi, melalui Kasubbag Humas Aiptu Sutomo MS mengatakan, saat kejadiaan pihaknya telah mendatangi TKP, menurunkan pemadam kebakaran dan membantu memadamkan api. 

” Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Saat ini TKP telah dipasang garis polisi dan mengamankan lokasi. Selanjutnya, Tim Inafis Polres Taput sedang melakukan olah TKP,” ujar Aiptu Sutomo MS.

Sementara itu, pihak Sarulla Operations Ltd (SOL) dalam siaran persnya, Senin (27/5/2019), yang disampaikan oleh Industan Sitompul selaku Public Relations SOL mengatakan, insiden kebakaran terjadi pada Minggu (26/5/2019) pukul 21.21 Wib di area pembangkit listrik
Tenaga Panas Bumi Unit 1 Silangkitang Sarulla Operations Ltd. 

Diidentifikasi bahwa ada kebocoran selang dan pentana terbakar oleh panas dari generator portabel yang digunakan
untuk penerangan tambahan di dekat selang disaat kontraktor melepas pentana. 

Peristiwa ini terjadi selama pekerjaan pemeliharaan PLTP Unit 1 SIL, dengan jadwal pemadaman tahunan dimulai 25-30 Mei 2019. Api dipadamkan pada sekitar pukul 22:00 malam dan memastikan daerah itu aman. 

” Dipastikan tidak ada yang terluka dalam insiden ini dan PLTP Unit 1 SIL dalam keadaan aman, ” sebut Industan Sitompul.

Hal yang sama, Chief Executive Sarulla Operations Ltd, Hisao Nakano, mengatakan, pihaknya melakukan tindakan dan evakuasi segera untuk mengatasi situasi. Semua tindakan yang diperlukan dilaksanakan pada daerah tersebut dan struktur yang dapat diakses untuk mendeteksi setiap tingkat yang berpotensi berbahaya. 

Ditambahkannya, pihaknya sangat menghargai tim pemadam kebakaran, masyarakat setempat dan semua pihak yang terlibat yang telah sangat kondusif dan membuat insiden tersebut dapat lebih mudah dikendalikan dan diatasi sepenuhnya. 

” Kejadian ini merupakan peringatan bagi tim kami untuk melanjutkan fokus pada peningkatan standar HSE kami dan bekerja menuju zero harm bagi semua pihak yang terlibat dalam proyek ini, dan proses yang independen, komprehensif sedang berlangsung untuk memahami keadaan dan memastikan kami belajar dari kejadian ini ke depan,” kata Hisao Nakano (Jas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Wabup Tebo Terima Penghargaan dari Gubernur Jambi

Sel Mei 28 , 2019
Jambi, PRESTASIREFORMASI.Com – Wakil Bupati Tebo menghadiri acara High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Se-Provinsi Jambi Tahun 2019 di Ballroom Swiss Bell Hotel Jambi, Senin (27/05). Rapat yang diinisiasi kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) provinsi Jambi ini, salah satu kepala daerah menyampaikan berapa poin, salah satunya agar […]
%d blogger menyukai ini: