19 Tahun SKU PRESTASI REFORMASI

Menjemput Asa Terbit Hingga Akhir Masa

Oleh Bgd. Masri Tanjung
“Jika ingin sukses sampai ke tujuan, jangan hanyut di keraguan dalam mengambil keputusan. Asalkan selaras tindakan dengan impian, kegagalan hanya selubang jarum. Mimpi menjemput asa SKU PRESTASI Terbit Hingga Akhir Masa mudah-mudahan akan membekas dan nyata.”

Terinspirasi rangkaian petuah bijak inilah agaknya Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi SKU PRESTASI REFORMASI Drs.Husor Parissan Sitompul berujar “Mari kita bangun kapasitas dan kapabilitas untuk mengusung SKU PRESTASI REFORMASI Terbit Hingga Akhir Zaman.”

Tekad yang terkesan sebagai mimpi besar ini dikemukakan Bung Tompul dalam sambutannya pada syukuran HUT Ke-16 SKU PRESTASI REFORMASI. Anniversary surat kabar ini berlangsung di Amaliun Food Court & Convention Hall Jalan Amaliun Medan, April tiga tahun lalu.

Tentu saja imbauan Bung Tompul tadi-bagi segenap atau sebagian pengawak surat kabar umum ini-merupakan tantangan yang tidak ringan. Namun pidato Sang Pemred ini disambut pekikan positif para wartawan/wartawati sambil berkata “Hidup Prestasi Reformasi…” dengan tepuk tangan bergemuruh..

Terbit Hingga Akhir Masa

Tekad kuat yang dikemas dalam bungkusan mimpi besar sang pragmatis dan sanguinis ini alhamdulillah makin menunjukkan sebagian tanda-tanda terwujudnya Goal Impian. Itu di antaranya dengan terealisasinya Online (PRESTASI REFORMASI.Com) yang merupakan inovasi menejemen media cetak ini dalam menjawab tuntutan dan tantangan menghadirkan informasi secara up date.

Menggelorakan Semangat Kompetisi

Kabar gembiranya, kehadiran Online PRESTASI REFORMASI.Com dalam upaya menyeimbangkan tuntutan dan tantangan kebutuhan pembaca dan pelanggan setia media cetak ini, di sisi lain nilai tambahnya terasa semakin menggelorakan semangat kompetitif kawan-kawan di daerah dalam mengaplikasikan infomasi berupa berita, artikel, feature, iklan dan advertorial, sehingga pada gilirannya dapat mendongkrak oplah dan menguntungkan secara internal maupun ekaternal.

Yang jelas rasa comfiden kawan-kawan di daerah semakin nyata. Terimakasih Bang Tompul, terimakasih Kanda Zaidar Effendi.

Media cetak berskala mingguan satu-satunya tergolong perdana muncul pada penghujung millenium II di kawasan Medan Utara ini “dilahirkan” Selasa, 10 April 2000 tepatnya di kediaman Abangda Drs.Husor Parissan Sitompul, Komplek Perumahan Griya Martubung Blok VIII Jalan Jala Permai 9 No.175 Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan Kota Medan, Sumatera Utara.

“Jabang bayi PRESTASI REFORMASI Edisi perdana itu masih berupa tabloid hitam putih 16 halaman. Pada halaman depan gambar Presiden Gusdur yang dilukis dengan tangan Bang Tompul. Penulis pun sempat “senyum-senyum kambing” melihat sang kartunis ini melukis gambar Presiden RI Ke-4 itu pada tengah malam. Entahlah…

Alhamdulillah, hingga HUT Ke-19 PRESTASI Reformasi yang diperingati pada 10 April 2019 ini, Pasangan sejati Pemred Husor Sitompul bersama Pemimpin Perusahaan Kanda Zaidar Effendi telah berhasil “membidani kelahiran” SKU ini hingga penerbitran Edisi 557 yang kini di tangan anda.

Ketika kita mengulang-ulang perjalanan SKU tercinta hingga ke tahun ke-19 dengan pertumbuhan yang makin menggembirakan, rasanya terbasuh sudah sebagian lelah, karena dengan semakin cepatnya informasi bisa kita sajikan ke pembaca melalui Online PRESTASI REFORMASI.Com, dirasakan makin menambah rasa comfiden kita berkompetisi di lapangan dengan teman-teman awak media lainnya.

Tapi, bahagia sekali rasanya bila kita menyisihkan pandang sejenak menoleh ke belakang, seberat apa “beban” yang dipikul Abangda Husor Sitompul untuk mengaplikasi media cetak ini harus bisa terbit pada 10 April 2000. Tentu saja upaya tersebut tersahuti bukan hanya kemampuannya sendiri, tapi atensi dan empati keluarga dan teman sejati juga turut menyertai.

Semangatnya tak terkalahkan oleh keterbatasan hal-hal pendukung sebagai penentu. Hasratnya kian menggelora. Seiring rasa optimis yang terselip di sudut hati bahwa Tabloid PRESTASI Reformasi harus launching di 10 April 2000, Husor “merambat” ke sana ke mari mencari teman sejati yang bisa menemani. tentu saja teman yang siap merogoh kocek membantu modal dan siap bekerja di meja redaksi sebagai redaktur pelaksana.

Di tengah keharuan yang menerpa, dengan “menimang-nimang” secarik kertas berlogo PRESTASI Reformasi, Ahad, 01 April 2000 malam Bung Tompul berkunjung ke sebuah rumah dinas di Komplek Perumahan Rindam Kota Siantar menemui ito (adik perempuan)-nya Nurhaida Sitompul guna menyampaikan maksud ingin mencari pinjamanan untuk keperluan menerbitkan tabloid tersebut.

Penulis ketika itu ikut mendampingi Abangda Pemred. Ya, tentu saja kantuk dan lapar terus menggeruduk mata dan perutku. Mungkin juga menggeruduk Bang Husor sebagaimana yang kurasakan, tapi, bagiku itu bukan “nestapa”. Seteguk kopi yang masih tersisa di dalam botol–meski sudah dingin bak hidung kucing–mau tidak mau harus kuseruput plus tarikan sebatang kretek untuk menggusur kantuk.

Dengan penuh semangat Nurhaida serta merta melerai seuntai gelang emas dari tangannya lalu ia sumbangkan kepada sang abang. Luar biasa!

Ibu bertempramen ramah asal Tarutung iru merupakan orang pertama yang mengungkai simpul sentak kesulitan Drs. Husor Parissan Sitompul mendukung peluncuran perdana tabloid PTESTASI Reformasi.
Berguru pada Ibu

Semangat Bung Husor mencapai Goal Impian awalnya tak terlepas pada do’a ibunda tercinta yang begitu tulus. Tiga hari sebelum PRESTASI Reformasi menjadi tabloid, di ujung shubuh Sabtu 07 April 2000, di dalam rumah sederhana di Kota Tarutung–selepas shalat shubuh–Husor duduk bersimpuh di pangkuan ibunda tercinta memohon do’a restu untuk keberhasilan usahanya tersebut.

Seiring do’a ibunda dan dukungan itonya di Siantar, Abangda Jani Amal Sitompul dan Nurdin Sitompul–kedua abang kandung beliau– tak tinggal diam. Keduanya turut mendukung di berbagai aspek untuk mengembangkan media ini di Tarutung, Pahae, Sarulla dan Siborong-borong dan adik perempuannya yang kini tinggal di Kuala Begumit, Langkat.

Selama mendampingi Abangda Pemred ini, penulis “dipaksa” harus accountable dan tesponsible. Bekerja dan terus bekerja , seakan sepanjang siang dan malam tak pernah tidur terus berpacu dalam kecepatan liputan, penerbitan dan pemasaran. Maklum, ketika itu kami baru beberapa orang.

Putus Tali Gas Ganti Sapu

Dalam upaya mengejar target untuk bisa cetak Edisi ke III April 2000 dalam perjalanan dari Kota Siantar menuju Griya Martubung, Ahad tengah malam (22/04-2000), mobil Hijet 1000 berwarna biru neon yang dikemudikan Bamg Husor mengalami trouble putus tali gas di tikungan Pasar Bengkel Perbaungan, Serdang Bedagei. Apa hendak diperbuat lagi. Malam itu tergolong “nestapa”bagi kami, karena tak ada lagi bengkel yang buka.

Hanya ada satu kata: “Perjalanan menuju Medan harus dilanjutkan. Putus tali gas mobil tidak menjadikan alasan untuk mematikan mesin mobil di “Kota Dodol” itu.

Dengan rendah hati Bang Husor mencantolkan tangkai sapu sebagai pengganti tali gas. Alaaa mak jang… Tompuul, Tompuul, gumamku dalam hati, karena selain ngantuk berat, perutku tengah keroncongan.

Selanjutnya beliau berseru: “Ayo Ri, serunya kepada penulis, “awak yang nyetir, biar abang yang mengendalikan gas ini. mudah-mudahan sebelum shubuh kita bisa sampai di rumah,” ujar Pemred ‘gila mancing’ itu.

Disangka China Rupanya Halak Kita

“Nestapa” dan anekdot bagai tak henti melengkapi catatan perjalanan kami di April 2000 itu. Sepulang dari Kota Tanjung Balai, Ahad petang (29/04-2000), mobil operasional “sepatu” (separoh tua) ini dihadang preman lontong di sekitar kawasan Durian Begincu Kecamatan Limapuluh.

Dengan tenang “Mas Tom” menginjak pedal rem menghentikan mobil, lalu membuka kaca seraya berseru kepada kawanan preman tadi: “Horas bah lae !!! ujar Husor dengan logat Batak yang super kental. “Bah… hurippu do halak China fuang. Halak kita do hape. Horas lae !!! Selamat jalan laekku !!!” sahut preman berpenampilan agak seram itu sambil angguk-angguk balam. Kami pun terpingkel-pingkel kesudahannya. Asyiiik.

Dirgahayu PRESTASI Reformasi

Rangkain suka-duka ini penulis anggap sebagai pelengkap perjalanan dalam menggenggam impian mengusung tabloid PRESTASI Reformasi menuju Surat Kabar Umum yang mampu “merangkai” Nusantara dan menjadi bacaan yang menyenangkan, mendidik dan membangun semangat reformasi dan HAM sekaligus menjadi teman sesuai motto media cetak ini.

Terima kasih kami kepada Teman Sejati

Seiring rasa syukur atas HUT ke-19 SKU PRESTASI Reformasi, atas nama Keluarga Besar media ini kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Pemerintah, Swasta, TNI dan Polri selaku pembaca setia SKU PRESTASI Reformasi yang kini telah dilengkapi dengan media Online PRESTASI REFORMASI.Com.

Harapan penuliskeoafa segenap tekan seperjuangan di.mana pun berada. Mari kita tingkatkan semangat juang kita sebagaimana yang pernah kita buktikan masa lalu.

Mudah-mudahan imformasi, kritik dan saran ng kita sajikan dalam tulisan di media yang kita cintai ini kelak SKU PRESTASI Reformasi sejatinya tetap menjadi media cetak dan media Online idaman hati pembaca. Bagi kota pengawak media ini semoga ia.menjadi teman sejati yang dapat menemani dalam “membasuh lelah” perjuangan.kita selama ini. Amiin. “Go Success Go Freedom PRESTASI-ku sayang. (bgd.masri tanjung, Redpel/wartawan Belawan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: