HASIL MIGAS UNTUK KESEJAHTERAAN RAKYAT

Membangun Jalan, Mempercepat Pembangunan Dan Kesejahteraan Rakyat

Ternyata pembangunan jalan raya yang kita lalui saban hari, anggaran pembangunannya juga bersumber dari Dana Bagi Hasil (DBH) Sumber Daya Alam (SDA) Pertambangan Minyak dan Pertambangan Gas.

Berdasarkan data on line Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, 26 Januari 2017, total panjang ruas jalan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tidak kurang dari 2.490,58 kilo meter (km), terdiri dari jalan nasional sepanjang 198,7 km, jalan provinsi 328,65 km, dan jalan kabupaten 1.968,15 km.

Sesuai dengan status jalan tersebut, maka jalan yang berstatus jalan nasional, pembiayaan pembangunan dan perawatan jalannya, bersumber dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara (APBN) RI.

“Jalan dengan status jalan provinsi, yang bangun (APBD) provinsi, dan jalan kabupaten yang bangun (dari APBD) kabupaten,” kata Bupati Rohil H Suyatno, pada Sosialisasi Pengawasan Keuangan Desa / Kepenghuluan dan Permasalahan PTSL (PRONA), Serta Evaluasi Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa / Kepenghuluan se Kabupaten Rokan Hilir, Rabu, 19 Desember 2018.

Ada beberapa ruas jalan nasional vital di Rohil, yang menghubungkan ke ladang-ladang pertambangan  minyak di Blok  Rokan, Rohil, yakni Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Rohil – Sumut sepanjang lebih dari 127 km, dan jalan Ujung Tanjung – Bagansiapiapi sepanjang lebih kurang 72 km. Jalan yang paling ramai dilalui berbagai jenis kendaraan, adalah Jalan Lintas Sumatera Rohil – Sumut.

Saban hari ribuan unit truk pengangkut buah dan minyak sawit, truk tangki minyak Pertamina, truk pengangkut sembako, bahan bangunan, dan aneka jenis angkutan penumpang, serta berbagai jenis kendaraan pribadi, dan lainya, hilir – mudik melintasi ruas jalan Jalinsum Rohil – Sumut ini.

Sedangkan jalan provinsi yang ada di Rohil, seperti Jalan Poros Kubu, Jalan Poros Bagansiapiapi – Sinaboi, dan jalan lintas pesisir Rohil dari Jembatan Pedamaran II menuju  Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas ( Palika), serta jalan kabupaten, seperti jalan-jalan di dalam Kota Bagansiapiapi, di kecamatan, kelurahan dan pedesaan,  berfungsi sebagai jalan penghubung menuju ke jalan provinsi.

Penerimaan Dana Bagi Hasil (DBH) SDA Pertambangan Minyak Bumi dan Pertambangan Gas yang diperoleh Kabupaten Rohil, pada 2019 diprediksi meningkat dibanding pada 2017 yang hanya Rp 396.641 miliar lebih, belum termasuk bagi hasil sumber daya alam lainnya (sumber: djpk.depkeu.go.id).

Sedangkan penerimaan DBH SDA Pertambangan Migas untuk Kabupaten Rohil pada 2019, di dalam APBN 2019, diperkirakan lebih dari Rp734,846 miliar, belum termasuk DBH yang bersumber dari SDA lainnya (sumber: keuda.kemendagri.go.id). Peningkatan DBH SDA Pertambangan Migas ini tentunya menggembirakan bagi masyarakat Rohil.

Bupati Rohil H Suyatno, menyampaikan apresiasi terhadap peningkatan kualitas jalan nasional di Rohil. “Terimakasih kepada Bapak Presiden yang telah memperhatikan Kabupaten Rohil ini,” ujar Bupati Rohil H Suyatno, Sabtu, 23 Februari 2019, di acara Penanaman dan Peremajaan Perdana Sawit Rakyat (PSR) di Kecamatan Balai Jaya.

Sehingga pada 2019 ini, akan ada pembangunan dan perawatan jalan nasional dari Ujung Tanjung  – Bagansiapiapi, serta pembangunan dan perawatan Jalan Lintas Sumatera Rohil – Sumut. “Insya Allah, pada 2019 ini dilakukan pembangunan jalan dari simpang Ujung Tanjung ke Bagansiapiapi, dengan anggaran Rp 94 miliar bersumber dari APBN. Ruas jalan ini merupakan jalan nasional menuju Ibu Kota Rohil,” ujar Bupati H Suyatno.

Sedangkan anggaran pembangunan dan perawatan Jalan Lintas Sumatera Rohil – Sumut, mencapai Rp 98 miliar.

“Mudah-mudahan perhatian Pak Presiden dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Begitu juga dengan pembangunan jalan tol Dumai -Pekanbaru, jalan lintas tol Sumatera, dan pembangunan rel kereta api dari Rantau Prapat dan Kota Dumai, bermanfaat untuk kesejahteraan rakyat,” pungkas Bupati. (Amran)

Tulisan ini untuk diikutsertakan  dalam “Lomba Karya Tulis dan Karya Foto Jurnalistik Raja Ali Kelana 2019”

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: