Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Gelar Diklat Keterampilan Pelaut

Belawan, PRESTASI REFORMASI.Com – Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan bekerja sama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Malahayati menyelenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) untuk keterampilan pelaut.

Diklat ini dibuka oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan, Sugeng Wibowo di ruang tunggu terminal penumpang Bandar Deli Belawan, Rabu, 27/02-2019. Peserta yang mengikuti DPM ini sebanyak 1.500 orang dibagi dalam 2 gelombang. Tiap gelombangnya 750 orang peserta.

Pejabat berpangkat bintang satu itu mengatakan, DPM keterampilan pelaut ini akan diisi dengan program Basic Safety Training (BST), Advence Fire Fighting (AFF), dan Security Awareness Training (SAT).

Diklat gelombang I Ini akan dilaksanakan selama 4 hari pada tanggal 1 s/d 4 Maret , di terminal penumpang Bandar Deli Belawan. Dijadwalkan selama 3 hari diklat meliputi tentang teori, dan 1 hari tentang praktek lapangan.  Untuk diklat gelombang II diselenggarakan pada 15 s/d 18 Maret.

DPM keterampilan pelaut ini merupakan program Kementerian Perhubungan  dalam rangka peningkatan kompetensi sumber daya manusia, khususnya bagi masyarakat yang berminat terjun dalam dunia pelayaran sebagai pelaut.

Berdasarkan kebijakan tersebut imbuh Sugeng,, Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan bekerja sama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Malahayati menyelenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) tersebut.

Masyarakat Antusias

Pendaftaran DPM  Keterampilan Pelaut  ini awalnya untuk  1.000  peserta, namun mengingat minat masyarakat yang begitu antusias, maka Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan bersama  BP2IP Malahayati selaku  panitia pelaksana menyahuti aspirasi masyarakat peminat, sehingga jumlah  peserta menjadi 1.500 orang, imbuh Sugeng Wibowo.

Di tempat terpisah, Kabag T.U  Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Sudariono,S.E., M.M menambahkan, Keterampilan Pelaut Gelombang I ini diawali dengan proses rekam medik., tes buta warna, dan pemberkasan yang dilaksanakan pada 27 s/d 28 Februari 2019. Proses ini seluruhnya dilaksanakan  oleh tim dari BP2IP Malahayati. (masri tanjung).

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: