Lomba Mancing di Dermaga Lantamal I

Belawan, PRESTASI REFROMASI,Com – “Siapa cepat dan tangkas, dia yang mendapat,” Begitu kata pepatah.  Sebanyak 470 orang peserta mancing mania adu ketangkasan dalam event lomba mancing di dermaga Mako Pangkalan Utama TNI AL I (Lantamal ) I di Belawan.

Lomba Mancing ini digelar oleh POM Lantamal I Minggu (10/02-2019) dalam rangkaian menyambut HUT Ke-73 Polisi Militer TNI Angkatan Laut (Pomal) yang diperingati pada 23Februari 2019.

Di suasana gembira pagi itu, Deprianto Daulay tercatat sebagai peserta yang paling beruntung. Ia berhasil membawa pulang seekor ikan berkelas beserta hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp 3 juta dan piala Juara I.

Lomba Mancing tersebut  dibuka oleh Komandan  Lantamal I Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto, S.E,M.Si  didampingi Komandan POM Lantamal I Letkol Laut (PM) Wakid Chomaruddin. Hadir di kesempatan itu di antaranya Wadan Latamal I, para Asisten Danlatamal I, para perwira dan personel POM Lantamal I.

Sebelum 470 pucuk joran pemancing diacungkan ke laut, seluruh peserta melakukan registrasi. Selanjutnya panitia pelaksana memberikan pengarahan dan mengenai  tata cara lomba.

Para peserta tampak seperti tak sabar ingin segera melemparkan pancingnya ke laut. Begitu mendengar aba-aba tanda lomba dimulai, dengan sportif dan antusias, ratusan kail secara serentak dilarungkan pemancing ke laut.

Lomba mancing mania dalam menyambut HUT ke-73 korps militer  penegak hukum berbaret lambang jangkar pistol silang itu berlangsung sangat kekeluargaan.

Di samping menggayutkan harapan di ujung kail  untuk bisa mendapatkan ikan berkerlas dan  terberat, di kesempatan itu para pemancing yang datang dari Kota Medan, Deliserdang sekitarnya tampak akrab berbincang-bincang dengan prajurit matra laut.

Peserta Lomba Mancing di dermaga Mako Lantamal I bersama Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto.

Gemuruh suara peserta mancing mania pagi itu menunjukkan semangat kebersamaan di tiap sudut dermaga. Danlantamal I didampingi sejumlah staffnya juga  ikut mancing. Di bawah “siraman”  cahaya mentari yang semakin lembut berpadu hembusan angin laut Belawan yang terasa sepoi-sepoi, tembang kenangan spesial pun mengalun syahdu menghibur hati.

Dengan formasi bak semut beriring, peserta ada yang duduk di bibir dermaga menjuntai-juntaikan kaki sambil bersiul. Sebagian lainnya tampak berdirti dengan serius menggenggam tangkai joran. Sebagian lagi mengambil posisi di atas ponton tempat bersandar kapal perang sambil berkesempatan menolehkan pandang ke laut.

Di sela harap-harap cemas sejumlah  pemancing  yang membayangkan kerapu, senangin atau siakap bakal menggeruduk kail mereka, tiba-tiba terlontar sorak-sorai Pak Sayudin Sagala seraya mengacungkan jorannya yang telah digayuti seekor ikan sambil berlari menuju meja panitia.

Pak Sagala tercatat sebagai pemancing tercepat yang berhasil mendaratkan ikan di pundak dermaga Mako Lantamal I pagi itu.

Sebelum mentari condong ke barat, event lomba mancing selesai. Ikan-ikan berkelas dan terberat yang mengantarkan pemancingnya ke panggung kemenangan ditimang-timang sebagai tanda rasa puas. Kendati panitia tengah mengumumkan urutan sang juara, namun bagi peserta yang merasa asyik, mereka bertahan duduk di bibir dermaga sambil mengacungkan jorannya ke laut menanti sembaran ikan idola seperti siakap, kerapu atau senangin.

Pemenang Lomba Mancing

Juara I Deprianto Daulay: hasil pancing ikan seberat 1,34 kg diberi hadiah uang pembinaan Rp 3 juta dan piala,  Juara II Hafid:   hasil pancing ikan seberat 1,27  kg diberi hadiah uang pembinaan Rp 2 juta dan piala,  Juara III  Bambang Ismail :  hasil pancing ikan seberat 1,17  kg diberi hadiah uang pembinaan Rp  juta dan piala.

Juara IV Edi Syahputra:   hasil pancing ikan seberat 0,93  kg,  Juara V Ilyas:   hasil pancing ikan seberat 0,74  kg, Juara VI Joni: hasil pancing ikan seberat 0,68  kg, dan dan pemancing yang pertama mendapatkan ikan Sayudin Sagala. Mereka juga diberi hadiah uang pembinaan dan piala.

Komandan POM Lantamal I Letkol Laut (PM) Wakid Chomaruddin menuturkan, pihaknya menggelar acara lomba mancing mania ini,  mengingat pelaksanaannya cukup sederhana dan  cuma membutuhkan waktu setengah hari. Di samping itu juga berkesempatan menjalin silaturrahim dengan masyarakat sambil melihat laut dari dekat, ujar Wakid di sela kegiatan bhkati soial donor darah yang digelar pihaknya  di serambi Kantor POM Lantamal I, Kamis 24 Januari lalu. (masri tanjung).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *