Kadis Dukcapil Bungo Hadiri Rakornas “Dukcapil Go Digital” di Makassar

Bungo, PRESTASIREFORMASI.Com – Dalam rangka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang diadakan Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahap I tahun 2019 Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri), Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bungo Drs H Ibnu Hajar M Si didampingi dua Staf Dukcapil yaitu Kepala Bidang Dafduk, Sujasno Irawan ST dan Jalaludin S Kom sebagai Admin Administrator Data Base (ADB) tampak hadir di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, Kamis (7/2).

Kepala Dinas Dukcapil Bungo, H Ibnu Hajar kepada media ini usai melantik Kasubag Program Keuangan dan Aset Kurnia Ningsih di ruang kerjanya mengatakan bahwa Dukcapil Bungo bersama 11 kabupaten/kota Provinsi Jambi di percaya sebagai dinas uji coba dalam rangka penerapan sistem pelayanan administrasi elektronik atau online.

Ini sesuai dengan tema Rakornas yaitu Dukcapil Go Digital, dan acara ini dihadiri seluruh jajaran Kementerian Kependudukan dan Pencatatan Sipil RI, Bupati/Walikota dan Kadis Dukcapil yang terpilih se-Indonesia.

Kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan dokumen oleh Kepala Dinas, dengan menggunakan elektronik yang berbentuk barcode.

Disampaikan oleh Ibnu Hajar bahwa pada Rakornas tersebut Dinas Dukcapil Bungo diberi kesempatan sebagai salah satu peserta testimoni menyampaikan bagaimana proses pembuatan dokumen kependudukan dengan sistem elektronik.

“Dinas Dukcapil Bungo dipercaya untuk menyampaikan testimoni bagaimana proses pembuatan dokumen kependudukan dengan sistem elektronik di depan para peserta Rakornas yang terdiri dari 514 Dukcapil se-Indonesia,” kata Ibnu Hajar.

Dijelaskannya bahwa pelayanan berbasis online yang akan diterapkan diharapkan mampu memudahkan warga untuk mengurus semua keperluan dokumen administrasi kependudukan.

“Syukur Alhamdulillah sebagai contoh kita sudah lakukan ujicoba dengan membuat dokumen kartu keluarga, surat pindah, akta kelahiran dan akta kematian, ternyata hasilnya memuaskan,” terang Ibnu Hajar.

“Kita sudah uji dan ready sudah siap, dan itu kita sampaikan proses keputusannya, Insyaallah akan di ikuti oleh seluruh kabupaten/kota paling lambat bulan September sudah siap.

Namun demikian Dinas Dukcapil kabupaten Bungo akan membuka sebelumnya dimulai dulu dengan berbagai langkah-langkah. Pertama mempersiapkan aplikasi-aplikasi dan memilah-milah perangkat mana yang kita pakai. Yang kedua membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan membentuk tim. Semua sudah siap dan Insyaallah bulan depan, kita ambil bulan tiga saja baru ready,” tambahnya.

“Kita akan menerbitkan dokumen kependudukan berupa (KK) Kartu Keluarga, Surat Pindah, Akta Kelahiran dan Akta Kematian dengan menggunakan tanda tangan elektronik yang berbentuk barcode sesuai dengan perintah dari Permendagri nomor 7 tahun 2019,” tambahnya Ibnu Hajar.

Dengan dimulainya pelaksanaan pelayanan yang saya sebutkan dengan menggunakan elektronik dengan sistem digital maka tahun 2019 Dinas Dukcapil Go Digital, diharapkan mampu memberikan kemudahan serta pelayanan kepada masyarakat dan juga dapat mensukseskan Pemilihan Umum 2019,” tutup Ibnu Hajar. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *