2020 Semua Desa di Taput Wajib Miliki BUMdes

Tarutung, PRESTASI REFORMASI.Com -Ditargetkan sampai Tahun 2020 setiap desa wajib memiliki BUMDes. Sebagai langkah awal akan menjadi penyalur gas elpiji 3 kg dan ProTio. Kita harus memikirkan bagaimana caranya menguatkan desa dan mari berlomba-lomba berkarya untuk pembangunan daerah masing-masing. Hilangkan kepentingan pribadi dan kelompok. Saya siap mempermudah urusan saudara demi kenyamanan dalam melaksanakan tugas, tidak boleh kaku dan terbelenggu agar pembangunan lebih cepat terlaksana.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi para Asisten dan Staf Ahli ketika memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintahan Desa tekait evaluasi kerja Tahun 2018 dan pelaksanaan program Tahun 2019 serta penyusunan program kerja 2020, bertempat di Balai Data Kantor Bupati, Tarutung baru-baru ini.

“Rakor ini merupakan bentuk sinergitas pembangunan antara Pemerintah Kabupaten dan Desa dan untuk selanjutnya nanti kita akan tetapkan skala prioritas setiap desa sekaligus penyusunan arah kebijakan Kabupaten Tapanuli Utara untuk 5 tahun ke depan,” tegas Bupati.

Selanjutnya, dia berpesan agar semua Desa melengkapi perangkat desa dengan SDM yang memiliki kapasitas dengan mengutamakan kepentingan umum serta memperhatikan masalah kebersihan desa.

Dijelaskan juga, pentingnya mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), diantaranya dapat meningkatkan PAD dan memberdayakan generasi muda setempat.

Katanya keinginan luhur dari Bapak Presiden RI Jokowi dengan konsep ‘membangun dari desa’ harus mampu kita tindaklanjuti, namun perlu didukung dengan kesiapan pemerintah desa untuk memaksimalkan Anggaran Desa.

Pemerintah Kabupaten juga akan memberikan ‘reward’ bagi desa yang mampu menunjukkan prestasi dalam melaksanakan tugas dengan baik. Selain itu, kita semua wajib menyukseskan Pilpres dan pileg dengan tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi,” harap Bupati.

Pada kesempatan sebelumnya juga didahului penyampaian paparan, diantaranya adalah dari Kepala Bappeda Indra Simare-mare terkait perencanaan, Kepala BPKPAD James Simanjuntak tentang Pengelolaan Keuangan dan Asset Desa dan Inspektur Manoras Taraja tentang Pengawasan serta beberapa pimpinan OPD terkait.

Turut mendampingi Bupati, para Asisten, Staf Ahli Bupati dan para pimpinan OPD juga Perusda. (Jas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: