Air Terjun Soksok Julu Berbenah Jadi DTW di Taput

Dilengkapi restoran BUMDes’

Tarutung, PRESTASI REFORMASI.Com – Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Parsaoran Hutagalung dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Osmar Silalahi serta para pimpinan OPD mengunjungi masyarakat Desa Hutapea Banuarea Kecamatan Tarutung, Minggu, (03/02).

Di desa itu dilaksanakan syukuran pembenahan, sekaligus pembangunan beragam fasilitas di kawasan Air Terjun Soksok Aek Julu, sehingga siap menjadi salah satu daerah tujuan wisata (DTW) di Tapanuli Utara.

Bupati yang disambut oleh Camat Tarutung Reinhard Lumbantobing bersama para Kepala Desa, Tokoh Masyarakat/Agama, para Lansia dan Karang Taruna terlebih dahulu mengikuti acara Syukuran pembangunan dan pembenahan Air Terjun Soksok Aek Julu yang terletak tepat di tengah-tengah Desa Hutapea Banuarea yang hanya berjarak tempuh 15 menit dari Tarutung.

“Kita sudah memiliki 2 (dua) objek wisata di sekitar kawasan ini yaitu Air Soda dan Air Terjun, maka perlu kesiapan seluruh masyarakat untuk mendukung pariwisata sehingga makin banyak pengunjung datang ke Desa ini.

Saya telah tetapkan pembangunan infrastruktur untuk mendukung pariwisata di Kawasan ini, antara lain pembangunan jalan dan lampu penerangan jalan. Direncanakan di lokasi Air Terjun ini akan dibangun restoran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” ucap Bupati dalam arahannya usai meninjau lokasi.

Ditegaskan Bupati, arah pembangunan secara umum termasuk pentingnya membentuk BUMDes dan juga diharapkan Karang Taruna agar lebih aktif berperan dalam menjaga keamanan serta pembangunan desa.

“Percepatan pembangunan membutuhkan sinergitas antara Desa dengan Kabupaten, untuk itu diharapkan melalui Dana Desa dimaksimalkan untuk mendukung program Pemerintah, salah satunya dengan membentuk BUMDes yang mampu memberikan pendapatan bagi desa tersebut,” tambah Bupati.

Dikatakannya,“Pada priode kedua saya akan lebih fokus pada pembangunan seluruh desa, kalau desa kuat maka kota akan kuat. Mari bersama-sama mendukung visi-misi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara demi kesejahteraan bersama, kita hilangkan sifat apatis dan pesimis,” imbau Nikson Nababan.

Pada kesempatan sebelumnya, Tokoh Agama Pdt. Juanda Simanjuntak dalam khotbahnya mengatakan bahwa ada pemahaman lama yang mengatakan bahwa lokasi air terjun ini adalah angker. “Terima kasih Bapak Bupati atas perhatiannya membenahi lokasi Air Terjun ini. Ini merupakan suatu cara Tuhan melalui Bapak Bupati Nikson agar lokasi ini semakin dikenal dunia luar,” ucap Pdt. Juanda.

Pembenahan dan pembangunan lokasi Air Terjun Sosok Aek Julu yang tingginya berkisar 20 meter ini dilaksanakan oleh Bupati melalui Dinas Pariwisata dan Dinas PU-PR sejak TA. 2018 dengan tujuan pembukaan objek wisata baru di kawasan Tarutung (Jas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: