Dukcapil Bungo Terpilih Pelaksana Uji Coba Pengurusan Dokumen Secara Online

Bungo, PRESTASIREFORMASI.Com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) kabupaten Bungo terpilih menjadi salah satu Dinas di Indonesia yang akan melaksanakan uji coba pelayanan kepengurusan dokumen administrasi kependudukan secara online.

Dikatakan Ibnu Hajar kepada media ini, bahwa terpilihnya Dukcapil Bungo menjadi salah satu pelaksana uji coba pelayananan dokumen kependudukan secara daring atau online sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Kemdagri) Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2019, Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring,” jelas Ibnu Hajar.

Bukan hanya itu saja, bahkan tanda tangan Kepala Dinas juga dilakukan secara online untuk lebih mudah dalam kepengurusan warga yang langsung dikontrol langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil,” tambah Ibnu Hajar.

Dijelaskannya bahwa pelayanan pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) di setiap daerah akan diberlakukan secara daring. Pelayanan Adminduk Daring adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dokumen dan data kependudukan, berbasis elektronik.

Selain Kabupaten Bungo juga diberikan kesempatan kepada 13 Kab/Kota lainnya se Indonesia yang ikut melaksanakan uji coba ini,” kata Ibnu Hajar.

Untuk uji coba dokumen online ini diantaranya pengurusan, Akte Lahir, Kartu Keluarga, Akte Kematian dan Pindah Datang serta pelaksanaannya akan mulai dilaksanakan pada bulan Februari ini. Nanti akan kita sosialisasi dulu kepada seluruh masyarakat, baik di Kecamatan muapun Dusun,“ terang Ibnu Hajar.

“Ini sudah disetujui oleh, Prof.Dr.Zudan Arief. SH.MH, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Rebublik Indonseia, saat rapat di Jakarta baru-baru ini. Dimana datanya nanti bisa dimasukan lewat HP Android melalui web Dukcapil Bungo,”kata Ibnu Hajar.

Dukcapil Kabupaten Bungo terpilih menjadi pelaksana uji coba berdasarkan penilaian Dirjen atas pencapaian target perekaman e-KTP di Bungo, lebih dari standar nasional. 2018 lalu, Bungo tembus 99,10 persen, sedangkan target pencapaian secara nasional, 95 persen.

 

“Kita mengucapkan terima kasih ke pihak Dirjen Depdagri yang telah memberikan kepercayaannya keoada kita atas reword pencapaian target ini, sehingga kita ikut diundang untuk menandatangani perjanjian menjadi peserta uji coba ke Jakarta ” tutup Ibnu Hajar.

Harapan Ibnu Hajar ke depan tidak alasan lagi bagi masyarakat tidak mau mengurus dokumen, karena dengan diberlakukannya pengurusan dokumen secara online karena sudah disiapkan tim verifikasi guna melayani masyarakat. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *