Jalinsum di Taput Tertimbun Tebing Penahan IAKN

Tarutung, PRESTASI REFORMASI.Com – Intensitas hujan akhir-akhir ini cukup tinggi di beberapa kawasan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Sumut, sehingga menimbulkan kekhawatiran masyarakat akan terjadinya bencana alam seperti banjir juga longsor tanah.

Kekhawatiran itu mulai terbukti, seperti Selasa malam hujan deras yang mengguyur wilayah Taput telah meyebakan longsor di beberapa titik lokasi yang rentan longsor.

Bahkan di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), dimana dinding penahan kampus Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Taput di silangkitang Kecamatan Sipoholon longsor dan menutup badan jalan.

Demikian juga jalan kabupaten Tarutung-Sipahutar persis dekat jembatan Hite Tano juga bernasib sama, sehingga pengguna jalan terganggu dan setiap pengguna jalan harus ekstra hati-hati karena sangat licin.

Peristiwa longsornya tebing yang jadi tembok dinding sebagai penahan kampus IAKN Taput Silangkitang pada Selasa (29/1/2019), sekira pukul 21.30 WIB, mengakibatkan arus lalu lintas sempat merayap sekitar 1 kilometer.

Hingga hari ini Rabu (30/1) proses pembersihanpun masih terus dilakukan dinas terkait, dimana proses pengamanan arus lalu lintas dari Polres Taput terlihat sibuk di jalanan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Taput Ir Anggiat Rajagukguk kepada wartawan mengatakan, dalam rentang waktu secepat-cepatnya proses pembersihan jalan akan selesai.

Kapolres AKBP Horas Marasi Silaen yang turun langsung bersama Kadis PUPR Ir Anggiat Rajagukguk memantau proses penanganan longsor dinding kampus IAKN Taput itu.

“Atas perintah Bapak Bupati, pagi ini 2 unit alat berat telah diturunkan untuk membersihan badan jalan dari tanah longsor di jalan nasional Jalinsum Silangkitang Tarutung – Siborongborong Desa Pagarbatu Kecamatan Sipoholon,” urai Rajagukguk seraya menambahkan mudah mudahan dalam waktu singkat, lalu lintas jalan ini dapat pulih kembali.

Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Horas Marasi Silaen MPsi menyebutkan’ kalau dari hasil evaluasi bersama dengan instansi teknis terkait tidak menemukan adanya jatuh korban, Dan dipastikan arus lalu lintas di kawasan kampus IAKN Taput akan berjalan normal hari ini.

“Dari pantauan kita sejak semalam tidak ada jatuh korban dan sampai pagi ini proses pembersihan badan jalan masih berlangsung. Dimana 2 alat berat bekerja pool time akan memperlancar proses evakuasi,” tegas Kapolres(Jas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: