Damkar Tebo Kunjungi Damkar Kabupaten Bungo Untuk Perbaharui Kerjasama

Bungo, PRESTASIREFORMASI.Com – Pemadam Kebakaran (Damkar) kabupaten Tebo yang dipimpin oleh Kepala Bidang Damkar Hendra Fitra SE selaku kunjungi Damkar kabupaten Bungo, Rabu (23/01).

Adapun tujuan dari kunjungan ini menurut Hendra Fitra adalah untuk memperbaharui kerjasama antar Damkar kabupaten Tebo dengan Bungo.

“Kita datang ke kantor Damkar kabupaten Bungo guna memperbaharui kerjasama yang telah disepakati antara Bupati Tebo dengan Bupati Bungo untuk pemadam kebakaran,” kata Hendra Fitra di kantor Damkar Bungo saat kunjungan.

 

Salah satu bentuk pelayanan damkar ini, terutama untuk kerja sama antar wilayah sesuai dengan PP 28 tahun 2018 tentang pemadam kebakaran antara wilayah kabupaten Bungo dan Tebo.

Sebelumnya antara Bupati Bungo dan Bupati Tebo sudah tanda tangan kontrak menyangkut beberapa kegiatan. Salah satunya adalah masalah pemadam kebakaran. Pemadam kebakaran ini sebelumnya sudah pernah kerja sama, akan tetapi sudah habis kadaluwarsa waktunya jadi kita diperintahkah untuk memperbarui,” jelas Hendra.

Dan Alhamdulillah kerjasamanya sudah ditanda tangani, dan dengan ditandatanganinya kerjasama ini, kewajiban daripada antar wilayah kabupaten Bungo dan Tebo apabila suatu saat nanti terjadi bahaya kebakaran yang tidak bisa di tangani untuk wilayah perbatasan atau wilayah Bungo, maka nanti kami dari kabupaten Tebo akan membantu sesuai dengan kemampuan yang ada dan itu salah satu wujudnya, begitu juga sebaliknya,” papar Hendra lagi.

Kemudian salah satu peningkatan sumber daya manusia diantaranya sesuai dengan tuntutan zaman saat ini, Damkar sudah harus mengedepankan kompetisi. Anggota Damkar harus wajib mengedepankan kompetisi dalam rangka melayani masyarakat sesuai dengan UU 23 tahun 2014 tentang Otonomi Daerah itu termasuk pelayanan unggul,” tambahnya.

Jadi kita menyadari untuk kepentingan Jambi kita cukup bangga yang sudah melaksanakan PKS itu baru antara Kabupaten Bungo dengan Tebo.

Ke depan kami akan memulai kerja sama dengan kabupaten Merangin dan Batanghari, selanjutnya kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Sumatera Barat kabupaten Dharmasraya dengan wilayah Tanjung Putik Jambi,” tukasnya.

Kita harus bersinergi karena satu daerah kita maklumi bahwa ada keterbatasan sarana mungkin tidak lepas dari bantuan daripada rekan-rekan sesama Damkar di wilayah perbatasan. Seperti kemarin waktu ada kejadian di desa Giriwinangun itu dibantu oleh Damkar Babeko. Tetapi jika ada kejadian di perbatasan mereka langsung membantu. Yang jelas poin-poin yang kami bawa, dengan terjalinnya perjanjian kerjasama antar wilayah itu menambah kekuatan baik armada maupun personil. Yang penting kita saling bersinergi membantu menutupi kekurangan-kekurangan yang ada. Jadi kami ucapkan terima kasih kepada Kabupaten Bungo kita saling mengisi, Jadi itulah kuncinya saling menutupi kekurangan menambah kekuatan untuk membuat Damkar ini menjadi lebih baik lagi ke depannya,” tutup Hendra Fitra.

Sementara itu Yos Army Kasatpol PP dan Pemadam Kabakaran Bungo saat dihubungi media ini melalui telepon selularnya mengatakan kunjungan dari Damkar Tebo ke Damkar kabupaten Bungo, sudah diserahkan ke bagian Pemadam Kebakaran Bungo.

Sedangkan Afdal selaku Komandan Wilayah Damkar Bungo yang didampingi personilnya Ilham Saputra, Marzuki, Ridwan, dan Asmahansyah mengatakan bahwa kedatangan dari Damkar Tebo membenarkan bahwa pihaknya didatangi oleh Damkar Kabupaten Tebo. Ini sebagai bentuk pembaharuan kerjasama antara kedua kabupaten dalam hal Pemadam kebakaran.

“Kita di kabupaten Bungo selalu berupaya bekerjasama dengan sesama Damkar di wilayah mana saja demi terciptanya rasa kekeluargaan serta kebersamaan ketika menghadapi kebakaran, apalagi di wilayah perbatasan antar kabupaten,” tukas Afdal.

Harapannya dengan diperbaharuinya kerjasama ini, semoga kerjasama antara Damkar Bungo dan kabupaten Tebo terjalin dengan baik. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *