Disdukcapil Asahan Musnahkan KTP-eL Rusak/Invalid

Asahan, PRESTASI REFORMASI.Com – Pemerintah kabupaten asahan/ Disdukcapil lakukan pemusnahan/pembakaran KTP-el SIAK yang rusak bertempat di Halaman kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil kab. Asahan Rabu, 19 Desember 2018, dihadiri Wakil Bupati Asahan, Wakapolres Asahan, Asisten II Perekonomian dan Pembagunan, Ketua KPU Kab. Asahan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Asahan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Asahan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Perwakilan Dandim 0208/Asahan dan Perwakilan Bawaslu Kab. Asahan.

 Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Asahan, Drs.H. Supriyanto M. Pd dalam laporannya menyebutkan, berdasarkan surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor : 470.13/1176/SJ tanggal 13 Desember 2018, tentang Penatausahaan KTP-el Rusak atau Invalid dan arahan Bupati Asahan.

“Pemusnahan dengan cara pembakaran KTP-el yang rusak/invalid dilaksanakan sejak senin, 17 Desember s/d 19 Desember 2018 dihalaman kantor camat di 25 kecamatan, untuk KTP-el sebanyak 3.760 lembar, KTP-el model SIAK 16.836 lembar, KTP lama warna kuning 2.527 lembar,” ungkapnya.

Selanjutnya pemusnahan KTP-el rusak/invalid yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Dukcapil, KTP-el invalid sebanyak 1.869 lembar, KTP-el blanko rusak 27 lembar, KTP-el SIAK 7.787 lembar, KTP lama warna kuning 709 lembar, dan jika digabung pemusnahan yang telah dilaksanakan Camat dan Dinas Dukcapil keseluruhannya berjumlah 33.515 lembar. Sementara itu kecamatan yang belum melaporkan hasi pemusnahan KTP-el yang rusak atau invalid ada di 2 kecamatan yaitu, Kecamatan Setia Janji dan Kecamatan Tinggi Raja.

Wakil Bupati Asahan H. Surya Bsc. mengatakan, pemusnaan KTP ini juga dilakukan di seluruh Indonesia. Dalam pemusnaan KTP di Kecamatan tersebut dibentuk sebuah tim yang diketuai Kepala Bagian Pemerintahan beserta OPD yang terkait dan untuk pemusnaan KTP yang di lakukan di Kabupaten di ketuai Oleh Plt. Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. John Hardi Nasution, M. Si.

“Diharapkan pada pelaksanaan politik nantinya dapat berjalan dengsn lancar dan kondusif, ” ungkap Surya.

Setelah acara berakhir Wakil Bupati Asahan, H. Surya juga menyempatkan diri melakukan sidak ke pelayanan dinas kependudukan dan pencatatan sipil itu. (Bagus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: