Dinas Pertanian Asahan Gelar Bimtek Kepada 152 PPL

Asahan, PRESTASI REFORMASI. Com — Dinas Pertanian kab. Asahan menggelar bimbingan tehnik ( Bimtek ) kepada 152 PPL untuk meningkatkan Produktifitas kerja, Senin, ( 10/12 ) di Aula Kantor Distan.

Di hadapan 152 peserta Bimtek yang hadir, Ir. Oktoni Eryanto selaku kepala dinas pertanian mengatakan, terselenggaranya bimtek, dalam meningkatkan produktifitas keterampilan dan pemahaman bekerja dalam pelayanan, dimana agar para petani dapat mengelola lahan pertaniannya secara benar, maksimal dan profesional.

“Hal ini dilakukan untuk kemakmuran dan kesejahteraan para petani, ” ungkap Oktoni .

Bimtek untuk meningkatkan dukungan terhadap program pemerintah dalam membangun swasembada pangan beras ke surplus beras, katanya kepada beberapa wartawan yang hadir .

Sementara itu, Kabid, Sarana Prasarana dan Penyuluhan, Bilter Sagala, SP. menambahkan, guna meningkatkan dan membangun competensi PPL yang berkualitas tidak luput akan bimtek maupun arahan, guna pemahaman perubahan teknologi dibidang pertanian yang terus berkembang.

Ir. Musfal MS, sebagai Narasumber yang sengaja diundang dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Medan, dalam paparannya menyampaikan, bahwa salah satu pola untuk membangun kesuburan lahan tanaman padi, yaitu pemanfaatan lahan dengan pola, Padi-padi palawija, atau, padi 2 x musim tanam (MT) yang kemudian berselang dengan 1× MT Palawija.

“Aplikasi inilah akan berpotensi menyuburkan lahan pertanian, sebab akar dari tanaman palawija, sepeti tanaman Kedelai, akarnya memiliki bintil berisi bakteri ( Rhizobium ), yang mampu menambah Nitrogen udara dalam tanah dan akan bereaksi menyuburkan tanah tersebut,” ujarnya. (Bagus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: