Dinas Dukcapil Bungo Tuan Rumah Bintek Keuangan se-Provinsi Jambi

Bungo, PRESTASIREFORMASI.Com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) kabupaten Bungo jadi panitia rapat teknisi percepatan likuidasi dana dekonsentrasi/tugas pembantu Direktorat Jenderal (Ditjen) Dukcapil Kemendagri, Rabu (31/10).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang diwakili enam orang anggotanya.

Hal ini disampaikan Ibnu Hajar selaku Kadis Disdukcapil kabupaten Bungo kepada media ini.

“Hari ini kami Dinas Dukcapil kabupaten Bungo, mendapat kehormatan untuk sebagai tuan rumah penyelenggara bimbingan teknis atau di bidang keuangan dan APBN,” kata Ibnu Hajar.

Pesertanya seluruh Kepala Dinas termasuk bendahara Dinas Dukcapil se provinsi Jambi. Pematerinya dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri,” papar Ibnu Hajar.

” Untuk kegiatan ini, Alhamdulillah semua berjalan dengan baik, dan sebagai tuan rumah tentu kita menyambut baik karena kegiatan tersebut dan dengan moment ini juga kami bisa bertemu antar Kepala Dinas Dukcapil yang ada di provinsi Jambi untuk membagi pengalaman menyangkut dengan anggaran dari APBN,” jelas Kadis.

Dulu tahun 2017/2017 dana tersebut disebut dengan Dana Perbantuan, dan untuk berbagi informasi tentang pembandingan data pemilik oleh KPU dengan Data Kependudukan Bersih atau DKB,” tambahnya lagi.

Yang terakhir menyangkut dengan pengelolaan keuangan yang dulu dana pusat itu disebut dana perbantuan mungkin ada yang masih belum siap manajemen pembukuannya, maka cara penyelesaiannya dipandu oleh bidang keuangan. Kemudian penentukan dan mungkin termasuk juga aset-aset pusat disimpan dan dijaga dengan baik dan dibimbing cara-caranya oleh Pusat. Mudah-mudahan semua itu sesuai dengan ketentuan laporan ke Pusat.

“Teman-teman juga mungkin melihat kegiatan kita disini sekedar membanding-banding atau tukar informasi. Itu biasa hanya untuk memotivasi kerja kita sesama seluruh Kepala Dinas Kependudukan dan Pejabat Pencatatan Sipil kabupaten/kota yang ada dalam provinsi Jambi,” tutup Ibnu Hajar. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *