Bupati Taput Hadiri Bursa Inovasi Desa.

Tarutung,PRESTASIREFORMASI.Com -“Kepala Desa harus Bekerja Kreatif dan Inovatif, bagi para Kepala Desa yang bekerja dengan baik dan Memiliki Inovasi akan diberi Penghargaan (Hadiah).”

Itulah yang dikatakan Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Kepala Bappemas dan beberapa Pimpinan OPD saat hadiri acara Program Inovasi Desa (PID) dalam Bursa Inovasi Desa Kabupaten Taput, di Gedung Serbaguna Tarutung, Rabu (31/10).

“Ini moment berharga bagi saya dimana para Kepala Desa harus bisa belajar untuk lebih inovatif dan kreatif dengan Dana Desa yang sudah cukup besar. Kita diberikan keleluasaan untuk sebuah kreativitas dan inovasi di desa masing masing. Seperti yang telah diciptakan Pemkab Taput di tahun lalu, dimana bagi desa yang belum teraliri listrik karena medan yang sulit bagi PLN, Pemerintah ciptakan turbin sehingga masyarakat Desa tersebut bisa menikmati listrik,” ujar Bupati kemudian.

Selanjutnya dikatakannya, bahwa selain DAU Desa yang bersumber dari APBD, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara juga akan memberikan reward atas kinerja aparat desa yang inovatif dan kreatif. “Bagi desa yang memiliki inovasi dan bekerja sangat baik agar Pemkab bisa memberi apresiasi berupa penghargaan atau hadiah yang bisa dimanfaatkan di desa tersebut, ” ujar Bupati menambahkan.

Kemudian dalam laporannya, Kepala Bappemas Eliston Lumbantobing menyampaikan bahwa PID berperan sebagai salah satu cara pemerintah memberikan apresiasi atau penghargaan terhadap inisiatif baik yang telah dilakukan oleh masyarakat desa. PID ini dilaksanakan secara nasional di seluruh Indonesia.

“Program Inovasi Desa ini juga merupakan upaya pemerintah mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa agar lebih efektif dan efisien melalui rujukan Inovasi Pembangunan Desa,” ujar Eliston dilaporannya.

Adapun peserta dalam Bursa Inovasi Desa ini terdiri dari Kepala Desa, BPD dan tokoh masyarakat, camat, pendamping desa, beberapa Pimpinan OPD, LSM, pers, Perguruan Tinggi dan Asosiasi (Jas).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *