Bupati Panen Cabai Lokal di Dusun Sungai Arang

Bungo, PRESTASIREFORMASI.Com
Bupati Bungo didampingi Dandim Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) melakukan panen cabai lojal di Dusun Sungai Arang kecamatan Bungo Dhani, Senin (08/10/2018).

Bupati Bungo H Mashuri dalam sambutannya memberikan gambaran kepada masyarakat yang hadir akan pentingnya bertani holtikultura disamping juga berkebun sawit dan karet yang menjadi potensi untuk perkebunan di Kabupaten Bungo khususnya.

“Di bungo memang petani kito bergerak di bidang sawit dan karet, tapi kalo tidak diimbangi dengan bertani holtikultura susah juga, penghasilan tinggi tapi harga kebutuhan juga tinggi jika kita terus bergantung dari daerah luar,” kata Mashuri.

Kegiatan panen cabai ini merupakan program Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bungo yang terus melakukan upaya peningkatan ketersediaan cabai lokal dengan harapan dapat menjaga stabilitas harga cabai di pasaran.

Tampak hadir pada panen cabai ini, Dandim 0416/BUTE Letkol Inf Wahyu Hadi Soenaryo, Kadis TPHP dan perwakilan Kepala OPD lainnya di lingkup pemerintah daerah Kabupaten Bungo, Camat Bungo Dani, Penyuluh Pertanian, para petani dan masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Kadis TPHP M Hasbi mengingatkan kepada para petani dan masyarakat yang ingin bertani untuk tidak takut memulai.

“Dinas TPHP juga siap memberikan bantuan yang diajukan melalui proposal, para petani jangan khawatir akan hal itu, asalkan tidak bergantung dengan bantuan dari nol saja,” kata M Hasbi.

Selain melakukan panen raya, dalam kesempatan ini TPHP juga memberikan bantuan yang sebelumnya sudah diajukan oleh kelompok tani.

“Dalam kesempatan ini juga kita membawa bantuan untuk kelompok tani berupa, bibit sayuran, mulsa 3 ball, bahan obat-obatan dan, peralatan berupa 3 unit pompa air, 3 unit tangki air dan selang sepanjang 300 M, tutup M Hasbi.

Sebelum kegiatan ini berakhir, agenda acara diisi dengan sesi tanya jawab antara petani dan Bupati Bungo H Mashuri.

Untuk diketahui kegiatan panen raya ini dilakukan di lahan seluas 0,75 ha dengan jumlah kurang lebih 14.000 batang cabai merah yang dikelola kelompok tani Parit Jaya 1. Dan saat ini produktivitas global cabai untuk kebutuhan konsumsi masyarakat Kabupaten Bungo mencapai 30%, persentasi yang tergolong tinggi untuk daerah yang tidak terfokus pada hasil holtikultura ini akan terus ditingkatkan hingga 35% sampai akhir tahun 2018 ini. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *